Pasar Agribisnis bakal Dibangun di Cibarusah

Pasar Agribisnis/Net
Pasar Agribisnis/Net

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi berencana membangun Pasar Agribisnis di wilayah selatan Kabupaten Bekasi tepatnya di Kecamatan Cibarusah.


Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra mengatakan, pembangunan pasar yang khusus menjual hasil pertanian adalah usulan dari masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Melalui Musrenbang yang kemudian kami aplikasikan. Lokasinya di Cibarusah,” jelasnya, Senin (5/4).

Diharapkan dengan disediakannya fasilitas khusus tersebut, penjualan produk pertanian di Kabupaten Bekasi bakal meningkat. 

Berdasarkan laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kabupaten Bekasi, Pasar dan Sentra Agribisnis Kabupaten Bekasi tengah dilelang dengan pagu anggaran Rp4.966.287.791.

Saat ini, proses lelang tengah memasuki tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi teknis dan harga. Dengan luasnya lahan pertanian, keberadaan pasar agribisnis sangat diperlukan di Kabupaten Bekasi. 

Dengan memangkas jalur distribusi, kini petani dapat memasarkan hasil pertaniannya langsung ke pembeli. Pembangunan pasar pun dapat turut mendongkrak program pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19. (ADV)