Pasca Libur Lebaran, Kasus Covid-19 Di Jabar Diklaim Terkendali

Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Repro
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Repro

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim jika hasil evaluasi pengetatan selama periode libur lebaran menunjukkan hasil yang cukup baik.


Berdasarkan laporan dari petugas penyekatan, ada lebih dari setengah juta kendaraan yang diperiksa selama periode larangan mudik, dan ada 220.000 lebih kendaraan yang diputar balik.

"Evaluasi selama lebaran sangat baik. Jadi Walaupun ada viral viral seperti yang media berita kan sebenarnya mayoritas yang tidak terberitakan dan berhasil itu jauh lebih banyak," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (24/5).

"Jadi dari laporan ada sekitar 220 ribuan berhasil pemudik itu dibalikkanan kan, kemudian kendaraan yang keluar ternyata hampir sama, yang keluar Jawa Barat sekitar kurang lebih 300.000 yang datang ke Jawa Barat juga sama masih ada yang belum kembali sekitar 30 ribuan kendaraan ya semuanya kita antisipasi dengan random sampling antigen di 17 titik itu juga terus kita lakukan," tambahnya.

Disisi lain, Emil pun menyampaikan terima kasih kepada desa-desa yang telah membantu dalam penekanan penyebaran Covid-19.

"Saya mengucapkan terima kasih pada desa-desa yang sedang melakukan disiplin isolasi mandiri bagi pemudik yang datang karena ada sekitar 1700 pemudik langsung diisolasi di desa-desa yang melakukan isolasi mandiri kepada mereka yang melakukan mudik," tandasnya.