PDAM Tirta Tarum Fasilitas SR Di Rumah Sejarah Proklamasi Rengasdengklok

Sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap sejarah, PDAM Tirta Tarum mengadakan sejumlah kegiatan menyambut peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Demikian disampaikan Direktur Utama PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang, M Soleh kepada Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (15/8).

"Selain acara donor darah, pemberian customer award, olahraga online dan offline terbatas, juga dilakukan napak tilas peristiwa Proklamasi di Rengasdengklok di Rumah Sejarah Proklamasi dengan pemberian layanan Sambungan Rumah (SR) gratis untuk pelayanan publik di rumah sejarah tersebut," tuturnya.

Sebagai perusahaan pelayanan publik bidang air minum di Karawang, terangnya, PDAM sadar akan kebutuhan air bersih dan air minum bagi penghuni dan para pengunjung lokasi tersebut, baik para turis lokal, nasional maupun global. 

"Di tempat bersejarah ini sekaligus sebagai destinasi wisata yang terpadu dengan tugu kebulatan tekad dan wisata kuliner di Rengasdengklok," ujarnya.  

Dengan sumbangsih Saluran Rumah (SR) gratis tersebut, M Soleh berharap bisa bermanfaat bagi para pengunjung dan masyarakat, sehingga dapat pula menunjang lokasi wisata sejarah yang semakin ramai dikunjungi.

"Dari tempat  sejarah Rengasdengklok kita dapat mengambil hikmah bahwa bumi Karawang selain dikenal sebagai bumi lumbung padi, kota pangkal perjuangan, juga contoh wujud Bhineka Tunggal Ika yang sebenarnya," kata dia.

"Bahkan para pendiri republik ini tak membedakan rumah siapapun untuk disinggahi bahkan dari tokoh keturunan Tionghoa sekalipun. Dari tokoh pemuda yang berperan juga terdiri berbagai suku baik Jawa, Sunda, Minang, Tionghoa dan lainnya," imbuhnya.

"Semoga adanya kepedulian PDAM Karawang terhadap destinasi wisata sejarah khususnya fasilitas air bersih ini dapat bermanfaat bagi semua yang berkepentingan," pungkasnya.