Pekan Depan, Mantan Sekretaris MA Nurhadi Jalani Sidang Perdana

Nurhadi/Net
Nurhadi/Net

Sidang perdana mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan sang menantu Rizkie Herbiyono akan digelar pada Kamis (22/10) pekan depan. Rencananya, sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.


"Jadwal persidangan yang bersangkutan tersebut telah ditetapkan oleh majelis hakim hari Kamis tanggal 22 Oktober 2029," ujar Humas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Bambang Nurcahyono seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/10).

Berkas perkara Nurhadi, kata Bambang, dijadikan satu dengan terdakwa Rizkie Herbiyono. Nurhadi dan menantunya itu didakwa telah melanggar ketentuan tentang suap dan gratifikasi sesuai dengan Pasal 11 dan Pasal 12 B UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sidang akan dipimpin Saefudin Zuhri sebagai ketua majelis hakim, didampingi Duta Baskara sebagai hakim anggota I dan Sukartono sebagai hakim anggota II.

Sebelumnya, Nurhadi dan menantunya, Rizkie Herbiyono berhasil ditangkap penyidik KPK pada Senin (1/6) malam di sebuah rumah di daerah Jakarta Selatan.

Nurhadi dan Rezky merupakan tersangka dugaan suap terkait pengurusan perkara di MA sejak 2011-2016 bersama tersangka lainnya yakni Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT), Hiendra Soenjoto (HS) yang hingga kini masih buron.

Kedua tersangka diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan pengurusan perkara perdata PT MIT sebesar Rp14 miliar, perkara perdata sengketa di PT MIT sebesar Rp33,1 miliar dan gratifikasi terkait perkara di pengadilan kurang lebih Rp12,9 miliar.