Pemain Timnas Indonesia U-19 Jadi Sensasi Sepakbola Inggris, Kok Bisa?

Elkan Baggott/net
Elkan Baggott/net

Pemain keturunan Indonesia yang bermain di Ipswich Town, Elkan Baggott jadi sorotan media Inggris. Pasalnya, pemain naturalisasi ini tiba-tiba memiliki fans luar biasa banyak di media sosial usai bergabung dengan tim nasional Indoesia U-19.


The Sun memberitakan pemain berusia 17 tahun ini memiliki follower Instagram hingga 56.000 akun. Jauh lebih banyak dari pemain bintang Ipswich Town, James Norwood, yang hanya memiliki 18.000 follower.

Tak hanya di Instagram, video-video aksi Baggot di Youtube dilihat ratusan ribu hingga melewati 1 Juta viewer.

The Sun sampai menghubungi salah satu pengurus PSSI untuk menanyakan kans Baggot bermain reguler di Timans Indonesia. Dari sumber PSSI yang tidak disebutkan namanya itu The Sun memperoleh informasi bila faktor besarnya fans di Indonesia akan memperbesar peluang Baggot bermain di tim nasional U-19.

Hal ini menjadi sensasi karena Baggot yang tadinya bukan siapa-siapa, kini jadi pemain paling terkenal di Ipswich Town. Bahkan fans Baggot dalam waktu singkat sudah mendekati jumlah follower media sosial Ipswich Town, klub yang menaunginya.

The Sun menilai, meledaknya pengikut media sosial Baggott  tak lepas dari kenyataan bahwa orang Indonesia sangat gila sepak bola.

Yang jadi sorotan, Baggot remaja kelahiran di Thailand dan besar di Inggris justru memilih bergabung dengan tim nasional Indonesia U-19. Antusiasme fans dan keterikatan darah dari ibunya jadi penyebab Baggot lebih loyal kepada Indonesia.