Pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona Ditarget Rampung Akhir Maret

Upaya pemerintah dalam menangani virus corona baru (Covid-19) terus dilakukan. Salah satunya membangun sarana rumah sakit untuk infeksi penyakit menular, termasuk Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi global.


Pembangunan rumah sakit khusus tersebut akan berlokasi di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Ditargetkan, pembangunan rumah sakit membutuhkan waktu satu bulan, dan bisa rampung akhir Maret mendatang.

"Pemerintah tengah mempercepat pembangunan fasilitas pengendalian infeksi penyakit menular, terutama Covid-19 di atas lahan 20 hektare di Pulau Galang, 56 kilometer dari Kota Batam. Saya menargetkan, pembangunan fasilitas ini selesai 28 Maret 2020," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (20/3).

Selain mempercepat pembangunan rumah sakit khusus corona, Jokowi menekankan kepada jajarannya mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung lainnya, seperti menambah kapasitas rumah sakit rujukan sebagai ruang isolasi. Mulai dari segi ruang, peralatan, obat, dan sumber daya manusia (SDM).

Jokowi juga meminta agar rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi disiapkan sebagai rumah sakit virus corona, termasuk rumah sakit swasta pun akan diajak untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya.

“Saya akan menggerakkan seluruh kekuatan pemerintah, kekuatan negara dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini, baik permasalahan kesehatan dan masalah sosial ekonomi yang mengikutinya,” jelas Jokowi.