Pemkab Bogor Dan DPRD Sepakat Siapkan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pilkada 2024

Iwan Setiawan (kiri)/RMOLJabar
Iwan Setiawan (kiri)/RMOLJabar

Biaya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor tahun 2024 tidak dapat dibebankan pada satu tahun anggaran saja. Akan tetapi, perlu mengalokasikan dana cadangan secara bertahap pada APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.


Demikian disampaikan Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, usai Rapat Paripurna terkait Penetapan Persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Bogor dengan Kepala Daerah terhadap Raperda Tentang Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2024.

"Berdasarkan ketentuan pasal 80 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, pemerintah daerah dapat membentuk dana cadangan guna mendanai kegiatan yang penyediaan dananya tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran yang ditetapkan dengan Perda," ungkap Iwan, di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Kamis (25/11).

Ia menerangkan, Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati Dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2024, mengatur antara lain penetapan jumlah dan sumber dana cadangan.

"Untuk cadangan tersebut bersumber dari penyisihan atas penerimaan daerah, yang penggunaannya dibatasi untuk pengeluaran tertentu berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, guna menunjang kelancaran penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Bogor tahun 2024," terang Iwan.

Selanjutnya, Politisi partai Gerindra ini berharap sinergi antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan DPRD senantiasa terjalin erat, produktif dan saling mendukung dalam upaya bersama memenuhi amanah rakyat serta terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban.

"Saya tentunya sangat berharap bahwa sinergisitas antara Pemkab Bogor dan DPRD harus terus dibangun dan dijalin. Sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dalam memajukan Kabupaten Bogor dapat tercapai," tukas Wabup Iwan.

Sementara itu ditemui terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Umi Wahyuni rencananya telah mengusulkan anggaran sekitar Rp.250 Miliar untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor di tahun 2024.

"Kami sudah usulkan sekitar Rp.250 Miliar untuk anggaran kebutuhan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2024, sekarang kita masih persiapan terkait rinciannya pengalokasian anggarannya," pungkasnya.