Pemkab Ciamis Siapkan Anggaran 5 Miliar Untuk Penanggulan Covid-19

Sebaran virus Corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi dinilai harus segera diantisipasi untuk menyelamatkan masyarakat. Pemkab Ciamis pun menyiapkan anggaran Rp. 5 miliar untuk pencegahan dan penanganan pasien Covid-19.


Demikian diungkapkan Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis, Tino Armyanto, ditemui di Pendopo Pemkab Ciamis, Rabu (18/3).

"Penanganan virus Corona tidak bisa dilakukan secara mendadak. Kita harus persiapkan dari sekarang. Anggaran untuk penanganan Covid-19 sudah kita siapkan," terang Tino.

Tino mengungkapkan, nilai anggaran yang dipersiapkan terbilang cukup besar. Menurutnya, Pemkab Ciamis membutuhkan anggaran Rp. 5 miliar untuk menangani masyarakat terinfeksi Covid-19.

"Tapi belum pasti ya, soalnya kebutuhan secara detail ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Bisa dikonfirmasi ke dinas kesehatan," ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, ada beberapa perlengkapan darurat yang harus segera dimiliki seperti, alat pelindung diri (APD), termoscan, dan sarana-prasarana lainnya.

"Pak Bupati tidak ingin ada kasus tim medis di Ciamis menggunakan jas hujan seperti di daerah lain," ucapnya.