Pemkab Karawang Berkomitmen Terus Tingkatkan Kualitas Dan Kesejahteraan Para Guru

Peringatan Hari Guru Di Kabupaten Karawang/RMOLJabar
Peringatan Hari Guru Di Kabupaten Karawang/RMOLJabar

Pemerintah Kabupaten Karawang dari tahun ke tahun terus meningkatkan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para guru.


Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurachdiana dalam peringatan Hari Guru sekaligus HUT PGRI ke-76, Di depan perwakilan guru yang berkumpul di halaman Gedung Kantor Bupati Karawang. Kamis (25/11)

"Secara komitmen pemerintah Kabupaten Karawang  sudah ada keberpihakan anggaran. Baik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik maupun kesejahteraannya," kata sosok yang kerap disapa The Celli itu.

Ia menjelasakan, Pemkab Karawang telah menetapkan 30 persen  dari total APBD Kabupaten Karawang yang nilainya mencapai Rp 4,7 Triliun untuk sektor pendidikan.  Termasuk didalamnya anggaran untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, baik dalam bentuk  belanja pegawai maupun belanja kegiatan.

Bupati Karawang dua periode itu mengungkapkan kebahagiaannya melihat para guru melalui wadah PGRI  kompak dalam mengatasi persoalan pendidikan di daerahnya.

Diakui Teh Celli,  peningkatan kesejahteraan  para guru hanya bisa dilakukan sedikit demi sedikit secara bertahap. Namun, ia melihat kesejahteraan para guru saat ini jauh lebih baik dibanding saat dia baru menjabat.

Teh Celli juga menyoroti soal ketimpangan kesejahteraan antara guru berstatus PNS dan guru-guru lainnnya. Baginya hal itu adalah pekerjaan rumah yang harus terus diselesaikan dengan upaya seadil-adilnya.

"Kita menyesuaikannya dengan tenaga  non formal pendidikan buat yang kategori dua dan tenaga honorer."ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Karawang Nandang Mulyana mendorong para guru terus meningkatkan kompetensi dan bertransformasi jadi guru-guru yang profesional dan melek digital.

Dimata Nandang, kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang yang mengalokasikan 30 persen  anggaran APBD untuk dunia pendidikan sudah tepat.

Jika kebijakan ini terus dilanjutakan Ia yakin sedikit demi sedikit kesejahteraan para guru akan membaik.

" Saya masih ingat ketika Bupati Karawang Cellica Nurachdiana diangkat sebagai bupati Karawang pertama bantuan guru honorer sebesar Rp 100 Ribu tapi seiringan dengan waktu sekarang menjadi Rp 1.2 juta perbulan,” demikian Nandang Mulyana.