Pemkot Bandung Akan Berikan Santunan Korban Pohon Tumbang

Rosalina (kemeja putih)/RMOLJabar
Rosalina (kemeja putih)/RMOLJabar

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Roslina mengaku telah mengetahui informasi adanya dua kendaraan roda empat yang rusak akibat tertimpa pohon di Jalan Bungur, Kamis (8/4).


Menurut Rosliana, Pemkot Bandung belum dapat memastikan jumlah nominal bantuan yang akan diberikan kepada pemilik kendaraan. Rosalina mengatakan, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak ansuransi terlebih dahulu terkait klaim bantuan.

"Istilahnya santunan, kita lihat asuransinya dan posisi pohon. Belum tentu, nanti pihak asuransi yang nilai," kata Rosliana saat dihubungi via telepon seluler, Kamis (8/4).

Rosliana mengungkapkan, terdapat suatu prosedur yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Menurutnya, pemilik harus membuat laporan kepolisian yang kemudian diserahkan kepada pihaknya.

"Minimal ada surat dari kepolisian dan diajukan ke DPKP3. Untuk kendaraan  maksimal Rp 20 juta. Pokoknya ajukan dulu,

nanti pihak asuransi yang akan menilai apakah bisa dibantu atau tidak," jelasnya.

Roslina menegaskan, pihaknya telah secara rutin melakukan pengawasan dan perawatan terhadap pohon yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Bahkan, untuk meminimalisir hal tersebut, pihaknya telah mengerahkan empat tim yang bekerja setiap hari untuk melakukan hal tersebut.

"Kita tiap hari selalu lakukan pemangkasan pohon yang rawan dan permohonan warga. Ada empat tim, lima hari kerja, pemangkasan juga tidak satu pohon sehari, bisa berhari-hari," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, dua Kendaraan Roda Empat Milik Imo (24) dan Umar (37) mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon di Jalan Bungur Kota Bandung, Kamis (8/4).

Imo yang merupakan warga asal Rancaekek Kabupaten Bandung ini memarkir kendaraan jenis mini busnya di pinggir jalan saat menghadiri acara pernikahan kerabatnya.

Imo mengungkapkan, saat kejadian kondisi cauaca sedang ada angin kencang. Dia tidak menyangka jika pohon akan ada pohon tumbang yang kemdian menimpa kendaraannya.

"Memang anginnya kencang, saya lihat ada ibu-ibu dan anak kecil yang lagi jalan, beruntung tidak tertimpa karena ketahan mobil," ujar Imo, di Jalan Bungur, Kamis (8/4).

Imo berharap musibah yang menimpanya dapat perhatian dari Pemkot Bandung. Dengan kejadian tersebut, Imo pun berharap pemerintah dapat membantu biaya untuk memperbaiki kendaraannya.

Umar (37) salah satu karyawan cafe Pawon Pitoe tempat pohon besar tersebut tumbang  mengaku pasrah, karena kendaraan jenis sedan miliknya mengalami rusak parah.

"Kalau punya saya sepertinya tidak bisa dibetulkan, sasisnya kena kayaknya," ujar Umar.

Umar mengaku, beberapa hari lalu manajemen di Cafe tempatnya bekerja sudah melaporkan ke DPKP3 terkait kondisi pohon besar yang hampir tumbang tersebut.

"Memang sudah ada tanda-tanda, sudah melaporkan ke Pemkot, dari pemkotnya saya kurang tahu apakah sudah dicek atau belum. Saya kira mungkin sudah dicek, makanya saya pikir aman parkir di sana," katanya.