Pemulihan Lingkungan Rawa Kalimati Melalui Proses Clean Up Diapresiasi Warga

Rawa Kalimati di Desa Cilangkap, Kabupaten Purwakarta/Ist
Rawa Kalimati di Desa Cilangkap, Kabupaten Purwakarta/Ist

Kondisi Rawa Kalimati di Kampung Sawah, Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, sebelumnya tercemar cukup parah. Kini, rawa yang berada di bantaran Sungai Citarum dan diapit dua pabrik besar, PT South Pasific Viscose dan PT Indo Bharat Rayon, tergolong cukup baik setelah adanya pemulihan lingkungan.


Berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 574 K/Pid.Sus LH/2017 tertanggal 18 Juli 2017, PT Indo Bharat Rayon (IBR) telah melakukan pemulihan lingkungan berupa clean up rawa yang berlokasi di Kampung Sawah, Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta.

"Kurang lebih proses pemulihan ini berjalan sekitar dua tahun, pemulihan lingkungan Rawa Kalimati disetujui Menteri LHK pada Oktober 2019 lalu. Kami mengadakan sosialialsi pelaksanaan pada Januari 2020 lalu, ke Pemda juga kita sudah membuat laporan. Setelah RPFlH disetujui KLHK kami melakukan finalisasi kerja sama dengan beberapa vendor terkait di antaranya PT Noor Annisa Kemiklal (NAK) sebagai pihak ketiga yang direkomendasikan KLHK," kata Manager Humas PT Indo Bharat Rayon, Irwan Setiawan, Rabu, (1/12).

Menurutnya, menjelang akhir tahun 2021, proses clean up rawa yang berlokasi di Kampung Sawah, dinyatakan sudah selesai. Proses pembersihan limbah B3 di Rawa Kalimati juga diakui sebagai bagian dari normalisasi Sungai Citarum. Keberhasilan program tersebut salah satunya tergantung pada normalisasi lingkungan di kawasan industri.

"Total area yang terkontaminasi limbah seluas 38.545 meter persegi. Namun, material yang telah dikeruk mencapai puluhan ribu meter kubik dengan dua macam penanganan. Pertama, ada material limbah yang dibakar dalam boiler. Sedangkan untuk sebagian besar lainnya, bahan dibuang ke tempat pembuangan khusus," kata Apih Irwan, begitu ia kerap disapa.

Ke depan, lanjut Apih, pihak manajemen IBR juga akan mengundang sejumlah pihak terkait dan juga elemen masyarakat untuk mensosialisasikan PT IBR bersama pihak ketiga telah menuntaskan proses pemulihan Rawa Kalimati.

"Nanti kita agendakan untuk sosialisasinya," kata Irwan.

Di sisi lain, upaya pemulihan lingkungan di sekitar perusahaan yang dilakukan PT IBR juga mendapatkan tanggapan positif dari warga setempat dan sejumlah LSM yang tergabung dalam Aliansi Kiansantang.

Ketua Aliansi Kiansantang, Elan Sofyan dan Kepala Desa Cilangkap, Juliana mengungkapkan apresiasinya terhadap langkah-langkah yang dilakukan PT IBR dalam upaya pemulihan linggkungan di sekitar perusahaan.

"Hal seperti ini juga diharapkan dapat dilakukan oleh perusahan-perusahaan lainnya yang ada di wilayah Purwakarta," kata Kang Haji Elan Sofyan, diamini Kades Cilangkap.