Pendaftaran Anggota Panwascam Dimulai, Masyarakat Kuningan Antuasias Ikut Seleksi

Pendaftaran calon anggota Panwascam/Ist
Pendaftaran calon anggota Panwascam/Ist

Pendaftaran perekrutan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) resmi dibuka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan. Di hari pertama, masyarakat Kuningan sangat antusias mengikuti seleksi Panwascam.


"Sejak sosialisasi dari 10-21 September dan pengumuman pendaftaran calon anggota Panwascam 15-21 September yang sudah menghubungi melalui online sebanyak 400 orang untuk menanyakan pendaftaran Panwascam," ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Kuningan, Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Ikhsan Bayanullah, Rabu (21/9). 

Ia mengajak bagi putra putri terbaik di Kabupaten Kuningan untuk menjadi Panwascam. Bawaslu Kabupaten Kuningan merekrut calon anggota Panwascam sebanyak 96 orang dari jumlah 32 kecamatan. 

"Menjadi pengawas merupakan tugas mulia yang dapat diikuti oleh putra putri terbaik kabupaten Kuningan dalam mengawal dan mewujudkan pemilu yang bersih, berintegritas, jujur dan adil," imbuhnya. 

Ikhsan mengatakan, penetapan pelaksanaan pembentukan Panwascam berdasarkan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 314/hk.01.00/k1/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam dalam Pemilu serentak 2024.

"Jika jumlah pendaftar belum terpenuhi dan atau pemenuhan keterwakilan 30 persen pendaftar perempuan belum terpenuhi, maka akan ada dilaksanakan masa perpanjangan pendaftaran hingga tanggal 8 Oktober 2022," kata Ikhsan.

Disinggung soal biaya pendaftaran, Ikhsan menegaskan perekrutan Panwascam dilakukan secara terbuka dan tidak dipungut biaya alias gratis.

"Jadi, dalam proses seleksi ini tidak ada pungutan biaya. Selain itu seleksi ini juga di terdiri dari tiga tahap seleksi. Diantaranya seleksi penelitian berkas administrasi, tes tertulis dan tes wawancara," teganya. 

Ikhsan juga mengajak seluruh masyarakat mengawasi jalannya proses seleksi ini. Sehingga output dari seleksi dapat melahirkan Panwascam berintegritas, mempunyai kejujuran, serta memiliki tanggung jawab penuh terhadap jalannya Pemilu 2024.

"Saya berharap, semua masyarakat yang antusias terhadap proses pemilu 2024 kita mengajak untuk ikut serta, ikut andil dalam mengawasi pemilu, khususnya dalam proses perekrutan panwascam ini," pungkasnya.