Pendaftaran WIBEST Dibuka Hingga 7 Juni 2021, Jurnal Dosen dan Mahasiswa Bisa Terpublikasi Secara Internasional Di Scopus

Wakil Rektor III, Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama UTama,  Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi/Ist
Wakil Rektor III, Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama UTama,  Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi/Ist

Universitas Widyatama (UTama) akan menggelar seminar internasional 'The 2nd Widyatama International Conference on Business, Economics, Social and Technology (WIBEST)' tahun 2021, pada 9 Juni mendatang.


Kegiatan yang akan diadakan secara daring tersebut dapat diikuti para dosen dan mahasiswa dari Indonesia serta mancanegara, dengan melakukan pendaftaran yang dibuka hingga 7 Juni 2021.

Para peserta baik dosen maupun mahasiswa, bisa mendaftar melalui laman https://wibest.widyatama.ac.id/ dengan mengirimkan surat elektronik ke [email protected]

Wakil Rektor III, Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama UTama,  Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi mengatakan, WIBEST tahun ini akan menghadirkan pembicara utama Prof. Effendi Gazali serta Prof. Hafezali Bin Iqbal Hussain dari Taylor's University, Malaysia.

Ia menjelaskan, kegiatan konferensi internasional tersebut, bisa diikuti paper hasil karya para dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di tanah air termasuk dari Malaysia Thailand, Brunei dan Singapura.

Bahkan, Prof Haizam menjamin paper yang turut serta pada WIBEST akan terpublikasi di jurnal bereputasi internasional terindeks Scopus.

Sementara untuk kuotanya sendiri, terang Prof Haizam, tahun ini kurang lebih 100 paper dengan kualitas yang baik akan diterima panitia penyelenggara.

"Selain tim kami dari Universitas Widyatama, ada juga pihak luar yang akan mengecek paper para dosen, mahasiswa dan di luar Universitas  Widyatama. Tujuannya menjaga kualitas, validitas dan memastikan supaya isi kandungan paper memiliki kualitas, tidak ada plagiarisme dan memberi manfaat kepada pembaca," kata Profesor asal Negeri Jiran tersebut, Rabu (2/6).

"Kami memiliki tim yang akan mengecek segalanya, akan mereview baru membikin penilaian untuk dimasukkan ke dalam jurnal Scopus. WIBEST yang kedua diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Widyatama, untuk yang pertama diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis," imbuhnya.

Untuk diketahui Kampus UTama, dipercaya dan memiliki kerja sama yang baik dengan para chief editor di mancanegara, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Menurutnya, kegiatan WIBEST juga penting bagi dosen, baik untuk menaikan jabatan fungsional, maupun kepentingan penulisan dari sisi riset.

"Sesuatu yang sangat bermanfaat bagi mereka," kata Prof Haizam.

Di samping kepentingan dosen juga untuk meningkatkan ranking perguruan tinggi. Karena skor dari jurnal terindeks Scopus lebih baik dari jurnal internasional lainnya. 

Sedangkan bagi mahasiswa, paper yang terpublikasi di jurnal internasional Scopus bisa dijadikan tugas akhir pengganti skripsi.

"Di Universitas Widyatama hampir 50 persen mahasiswa tingkat akhir,  yang menulis untuk jurnal karena dalam kondisi pandemi agak sulit mendapat data. Karena jurnal bisa mengambil data online (data sekunder). Tidak beresiko. Dibimbing dosen. Satu paper kolaborasi tiga mahasiswa," kata Prof Haizam. 

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut bisa menghubungi Annisa di nomor WhatsApp 081809722335 dan Nia di nomor WhatsApp 081321765607.