Penduduk Kabupaten Bekasi Capai 3 Juta, Ani Rukmini: Anggota DPRD Jadi 55 Orang di Pemilu 2024

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini/RMOLJabar
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini/RMOLJabar

Penambahan jumlah penduduk di Kabupaten Bekasi tak hanya berdampak terhadap sektor sosial. Sektor politik pun bakal terpengaruh, di mana jumlah kursi DPRD bakal bertambah 5 pada Pemilu 2024 mendatang.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan berdasar data yang dihimpun, pada semester kedua tahun 2021 jumlah penduduk sebanyak 3.022.787 orang, atau mengalami kenaikan sekitar 100 ribu jiwa dari semester pertama yang berjumlah 2.936.182 orang.

"Jumlah penduduk kita sudah mencapai 3 juta orang, atau naik 100 ribu dari semester sebelumnya. Dari data yang kami miliki, kecamatan yang terpadat penduduknya berada di Kecamatan Tambun Selatan yaitu 426.765 jiwa. Sementara penduduk yang paling sedikit berada di Kecamatan Bojongmangun yang berjumlah 28.886 penduduk," bebernya, Selasa (22/2).

Menanggapi kenaikan jumlah penduduk tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengatakan dengan demikian maka pada pemilu tahun 2024 jumlah kursi di DPRD menjadi 55 orang dari yang sebelumnya hanya 50 orang, hal itu berdasarkan Undang Undang Nomor 7 Tahun Tahun 2017 Pasal 191 ayat 2 huruf h.

"Terkait penambahan kursi DPRD, sudah jauh-jauh hari kita komunikasikan sejak tahun 2020, dan kita sudah menghubungkan antara KPU dan Disdukcapil supaya update data bisa terkoordinasi dengan baik dan sekarang sudah tercapai. Walau kita masih ada kesempatan satu semester lagi sebelum pendataan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap)," bebernya. 

Pihaknya juga mengatakan, telah mengkomunikasikan sejumlah kemungkinan yang bakal terjadi jika jumlah penduduk mencapai 3 juta penduduk, salah satunya soal penambahan daerah pemilihan (Dapil) pada pemilu 2024 mendatang.

"Apakah tetap enam dapil dari versi tahun 2019 dengan menambah kursi di beberapa dapil atau ada dapil versi terbaru, ada empat pilihan dapil tahun 2024. Tapi semua itu akan dikomunikasikan dengan partai politik, saya ikuti saja keputusan antar partai politik dengan KPU," bebernya.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk tersebut, diharapkan masyarakat di Kabupaten Bekasi lebih maksimal terlayani dengan bertambahnya jumlah penduduk.

"Yang jelas dengan bertambahnya kursi ada manfaatnya, jangkauan sebar manfaatnya berkualitas untuk masyarakat, kita berharap begitu," tandasnya. (Webtorial)