Pengamanan Unras di DPR-MPR, Polisi Siagakan Ribuan Personel

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin/RMOLJakarta
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin/RMOLJakarta

Ribuan personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan aksi unjuk rasa serikat buruh dan aliansi mahasiswa yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).


Rencananya, massa dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan berunjuk rasa pada siang hari. Polisi pun telah menyiapkan 4.400 personel gabungan. 

"Untuk wilayah Jakarta Pusat 4.400 personel kami siapkan gabungan TNI/Polri karena ada di 14 titik," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi. 

Seperti aksi unjuk rasa sebelumnya, Komarudin mengimbau bagi para pengunjuk rasa agar tetap tertib dan mematuhi peraturan tentang menyampaikan aspirasi di muka umum. 

Terlebih menghormati segala hak masyarakat yang melintas di kawasan tersebut, sebab rekayasa lalu lintas sejauh ini masih bersifat situasional. 

"Imbauan kami tentunya dipersilakan menyampaikan aspirasi tentunya, dengan tetap memperhatikan aturan-aturan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya diwartakan Kantor Berita RMOLJakarta.

"Saling menghormati karena aktivitas masyarakat, ibu kota ini sangat padat silakan berbagi tempat karena tentunya kita mengharapkan seluruh aktivitas bisa berjalan dengan lancar," tutup Komarudin.