Pengurus Baru Dilantik, PUI Jabar Akan Fokus Tumbuhkan Spirit Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Kepengurusan Pimpinan Wilayah Persatuan Ummat Islam (PW PUI) Jabar periode tahun 2021 sampai 2026 baru saja dilantik. Setelah itu, PW PUI Jabar akan berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, dakwah, dan sosial di Jabar.


Ketua DPW PUI Jabar, Iman Budiman mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaksanakan rapat kerja wilayah (Rakerwil) guna menyusun dan merancang program kerja untuk 5 tahun ke depan. Adapun isu yang akan dibahas dalam Rakerwil yakni menguatkan cinta, menggerakkan bangsa, dan menyatukan umat untuk menuju Jabar Juara. 

"Jadi agenda terdekat yaitu melaksanakan Rakerwil. Bangsa Indonesia termasuk Jabar merupakan masyarakat yang sangat Bhineka," kata Iman usai dilantik sebagai Ketua DPW PUI Jabar di Gedung Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Sabtu (10/4).

Menurutnya, Indonesia termasuk Jabar terdiri dari berbagai suku, bahasa, entitas keumatan, ormas, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, PUI Jabar akan menumbuhkan sprit persatuan dan kesatuan bangsa yang akan digulirkan di tengah potensi ancaman keretakan yang sedang dihadapi. 

"Hari ini potensi-potensi tersebut terjadi dan bersekan di mana-mana. Oleh karena itu, pihaknya hadir dan ingin menjadi bagian dari pemersatu umat dan bangsa sesuai dengan nama kami yaitu PUI," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPP PUI, Nurhasan Zaidi menuturkan,

jumlah penduduk Jabar yang hampir 50 juta ini menjadi 1 per 5 dari total penduduk di Indonesia. Sehingga, jika ketika Jabar melahirkan umat yang berkualitas untuk bangsa otomatis akan mewarnai Indonesia.

"Jadi yang jelas Saudara Iman dalam Rakerwil yang menjalankan visi yang bersinergi dengan visi dengan Pemprov Jabar untuk menuju Jabar Juara Lahir Batin," tuturnya.

PUI pun akan melakukan pembangunan bukan hanya dari segi fisik tetapi juga mentalitas Pancasila dan NKRI. Jadi, orang yang Pancasilais itu adalah orang yang religius dengan melaksanakan ajaran agama dengan baik.

"Insyaallah dengan seribu lebih sekolah PUI akan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan untuk melahirkan SDM yang berkualitas," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Syura PUI, Ahmad Heryawan menambahkan, PUI Jabar sebagai induk dari PUI, karena lahirnya PUI di Kabupaten Majalengka dan Sukabumi. Hal tersebut, harus digunakan untuk meningkatkan spirit dibandingkan PUI di Provinsi lain.

"PUI Jabar harus terus bergerak di bidang dakwah, pendidikan, dan sosial," tambahnya.

Ia berharap, PUI Jabar dapat menjadi teladan bagi PUI di tempat lain. Dengan hal itu, PUI Jabar harus dapat hadir di pelosok-pelosok desa, ditingkat ranting, kecamatan sehingga PUI lebih lengkap untuk mewujudkan program-program peningkatan dakwah, pendidikan, dan sosial.