Penipu via WhatsApp Catut Nama Anggota DPRD Ciamis

Anggota DPRD Ciamis Fraksi PDI P Yogi Permadi/Ist
Anggota DPRD Ciamis Fraksi PDI P Yogi Permadi/Ist

Nama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis Yogi Permadi dicatut pelaku penipuan via aplikasi WhatsApp.


Politisi PDI P ini mengungkapkan, ada beberapa lembaga yayasan yang dekat dengan dirinya menerima pesan melalui platform WhatsApp.

Dalam pesannya bahwa pelaku yang mengatasnamakan Yogi Permadi itu akan memberikan bantuan dana kepada yayasan. Jumlah bantuan yang akan diberikannya pun bernilai puluhan juta rupiah.

"WhatsApp yang pelaku gunakan itu memakai foto dan nama saya, modusnya pelaku meminta nomor rekening yayasan karena akan mengirimkan bantuan uang buat pembangunan yayasan," kata Yogi di DPRD Ciamis, Jumat (11/6).

Ia menjelaskan, supaya bantuan tersebut segera cair, pelaku meminta uang terlebih dahulu kepada pihak yayasan.

“Asli saya kaget. Ada beberapa pimpinan lembaga menghubungi saya, katanya ada yang menghubungi yayasan dengan nomor berbeda tapi memakai foto saya. Para pemilik yayasan menanyakan terkait kebenaran bantuan itu,” ujar Yogi.

Dia juga merasa heran, lantaran pemilik yayasan yang dihubungi pelaku adalah orang yang sudah dekat dengan dirinya.

"Saya segera mengklarifikasi kepada para pemilik yayasan tersebut. Bahwa kejadian itu hanyalah hoaks dan sebuah modus penipuan," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya belum melaporkan peristiwa tersebut ke pihak kepolisian. 

Dia berharap, masyarakat tak mudah tergiur dengan iming-iming bantuan seperti itu. Masyarakat harus memastikan terlebih dahulu siapa yang menghubungi dan seperti apa modusnya.

“Coba berfikir tenang saat menerima informasi bantuan. Cek lagi kebenarannya, jangan sampai terperangkap oleh modus pelaku penipuan,” pungkas dia.