Penuhi Panggilan Polisi, Kalapas Tangerang Bakal Diperiksa Terkait Kebakaran Lapas

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartomo di Polda Metro Jaya pada Selasa (14/9)/Ist
Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartomo di Polda Metro Jaya pada Selasa (14/9)/Ist

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartomo memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Selasa (14/9). Victor akan menjalani pemeriksaan terkait kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan 48 narapidana pada Rabu (8/9) lalu.


Diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Victor tiba di Polda Metro Jaya ditemani seorang pria sekitar pukul 10.44 WIB. Ia tak mengenakan seragam dinas Lapas, melainkan memakai kemeja kotak-kotak dengan motif warna biru, merah, putih.

Dengan membawa tas ransel berwarna abu-abu, Victor langsung masuk ke gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya.

Selain Victor, sejauh ini sudah puluhan saksi yang menjalani pemeriksaan terkait kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten. Mereka terdiri dari petugas Lapas, petugas pemadan, petugas PLN, dan tahanan.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, ada tiga dugaan pasal yang disangkakan dalam kasus kebakaran tersebut.

Tiga pasal tersebut berhubungan dengan dugaan adanya kelalaian, kealpaan dan kesengajaan yang menimbulkan kebakaran hingga membahayakan.

"Beberapa pasal yang kemungkinan relevan untuk kasus ini yaitu Pasal 187 KUHP, ada kesengajaan sehingga menimbulkan kebakaran dimana dari kebakaran itu membahayakan secara umum," kata Rusdi kepada wartawan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (12/9).

Selain itu, adapula Pasal 188 KUHP terkait kealpaan yang menimbulkan kebakaran, dan Pasal 359 KUHP, terkait adanya kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dunia.