Perangkat Desa Harus Miliki Target Dan Impian Agar Bisa Memajukan Desanya

Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin/RMOLJabar
Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin/RMOLJabar

Kondisi desa-desa di Kabupaten Kuningan dinilai memiliki potensi besar untuk mrenjadi desa maju. Namun, selama ini para aparatur desa banyak yang terjebak dalam hal-hal sulit sehingga sukar memajukan desanya.


Demikian disampaikan motivator dari Cahaya Sekolah Kehidupan (CSK), Yanuar Prihatin dalam Seminar Motivasi Cara Mudah Membangun Desa kepada Pengurus PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Kabupaten Kuningan, di Wisma Permata, Jumat (16/10).

“Selama ini yang terjadi terjebak kepada cara-cara rumit, berat yang panjang dan susah. Padahal ada cara lain yang lebih simpel. Itu yang dibuka caranya disini (dalam seminar. red)," ujar anggota Komisi II DPR RI tersebut kepada Kantor Berita RMOLJabar.

Politisi PKB tersebut menerangkan, ada dua cara yang bisa dilakukan aparatur desa dalam membangun desanya. Cara-cara tersebut adalah cara mudah dan cara sulit, cara panjang atau cara pendek, dan cara berat atau cara mudah.

Selain itu, bebernya, dalam membangun desa ada pertanyaan sepele yang harus dijawab dan merupakan kunci dari suksesnya pembangunan desa. Yakni mengenai target atau impian dari pembangunan desa tersebut. 

“Jika tak terjawab, maka urusan akan berat, dan kalau semua pertanyaan itu terjawab, semua hal akan lebih mudah,” ujar pria dari Dapil Jabar X yang meliputi (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran). 

Menurutnya, agar aparatur desa fokus dalam mencapai tujuan dan arah melangkah juga harus mempunyai mimpi serta mengenali kekuatan yang ada di desanya.

“Dengan seminar motivasi, kami ajak mereka untuk duduk bersama dan membuka pemikiran para perangkat desanya. Kita disini mencari jalan keluar bersama untuk memajukan sebuah desa dan potensi apa saja yang dapat dikembangkan oleh pemerintah Desa," ucapnya. 

Yanuar berharap seminar motivasi tersebut mampu membuat para perangkat desa bisa lebih terarah dalam memajukan desanya.

“Untuk itu perlu diberikan motivasi bagi leadership, untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan maju dan berkompeten kita harus memulai dari desa. Mulai hari ini kita harus menggenjot potensi yang ada di desa untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat desa, Desa maju Indonesia kuat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PPDI Kuningan Surhani berharap, pengurus PPDI dan perangat desa yang hadir dapat mengimplementasikan apa yang disampaikan oleh Narasumber. 

"Saya berharap, kemajuan desa dan perkembangan desa itu berawal dari niat diri kita. Sehingga, apa yang ada di desa dapat meningkatkan kesejahteraan desa. Baik dalam sektor pertanian, pariwisata maupun yang lainnya," ujarnya.