Persib Kembali Raih Lisensi Klub Profesional Dari AFC

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi (kiri)/PSSI
Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi (kiri)/PSSI

Lisensi klub profesional kembali diraih Persib dari Asian Football Confederation (AFC). Sejak 2015 lalu, Pangeran Biru selalu mendapat status klub profesional dari AFC.


Diberitakan laman PSSI, tim di bawah naungan PT Persib Bandung Bermartabat tersebut kembali mendapatkan pengakuan dari AFC. Persib dinyatakan Granted.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan ada enam klub sepakbola di Indonesia yang dinyatakan telah memenuhi semua persyaratan AFC, dan salah satunya adalah Persib. 

Lima klub lainnya adalah, Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Arema FC.

"Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” kata Yunus.

Diketahui, Club Licensing Cycle (CLC) merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional. Sistem CLC diperkenalkan AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, CLC juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC, seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian dalam Club Licensing, yakni mencakup sporting, infrastructure, personnel & administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub peserta Liga 1 2020 mengajukan diri untuk mengikuti proses tersebut.