Pesan Emil Ke Rektor Reini: Segera Percepat Pembangunan ITB Cirebon

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas dilantiknya Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2020-2025, Prof. Reini Wirahadikusumah di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung.


 

Orang nomor satu di Jabar itu pun meminta, Prof. Reini untuk bisa mempercepat proses pembangunan kampus ITB di Cirebon. Menurutnya, pembangunan kampus tersebut bisa meningkatkan pemerataan pendidikan di Jawa Barat.

"Pemprov Jabar bersama DPRD mengucapkan selamat bertugas untuk Prof Reini Wirahadikusumah. ini mencatat sejarah di 100 tahun ITB menjadi perempuan pertama sebagai rektor," ucap Emil, sapaan akrabnya, Senin (20/1).

"Kami ada program yang sedang intens dilakukan, lagi minta persetujuan dewan, yaitu membangun ITB di Cirebon. Mudah-mudahan di kepemimpinan Reini bisa diselesaikan secepatnya," tambahnya.

Emil mengatakan, ITB Cirebon diharapkan menjadi pondasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul.

"Basisnya bisa bersaing berinovasi. Tapi tadi saya titipkan empat manusia unggul Jabar. IQ kecerdasan, EQ alhlak, SQ keberimanan, dan fisik. Kalau boleh empat itu muncul dibantu perguruan tinggi," katanya.

Ia menambahkan, saat ini kampus ITB Cirebon sudah mulai tahap konstruksi. Targetnya, pembangunan gedung kuliah selesai tahun ini. Sehingga proses perkuliahan mahasiswa ITB Cirebon bisa segera dimulai.

"Sudah mulai konstruksi, sementara mahasiswanya masih belajar di Jatinangor. Tapi kalau bangunan pertamanya gedung kuliahnya selesai di tahun ini maka perkuliahan bisa dimulai di kampus Cirebon," jelasnya.

Emil menyebut, diusianya yang relatif muda, Prof Reni bisa menjadi harapan demi kemajuan ITB serta membantu inovasi pemerintah dan pengembangan teknologi.

"Usia beliau relatif muda untuk ukuran pejabat. Jadi kita doakan lancar. Kami minta pertolongan ITB untuk inovasi-inovasi pemerintahan teknologi itu akan dikerjasamakan lebih intensif bersama beliau," tuturnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Emil, pihaknya bersama ITB akan menggelar pertemuan untuk membahas kerja sama lebih intensif.

"Minggu depan kami akan rapat, ITB dan pemprov," tandasnya.