Pesona Curug Cigetruk Yang Belum Banyak Orang Tahu

Curug Cigetruk/RMOLJabar
Curug Cigetruk/RMOLJabar

Keberadaan Curug Cigetruk di Desa Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon menyimpan keindahan alam yang eksotis. Namun sayang belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug yang ketinggiannya mencapai 27 meter itu.


Hal tersebut disampaikan Humas Curug Cigetruk Suhanan Enon (45) kepada Kantor Berita RMOLJabar. Sabtu (15/5).

Pria yang karib disapa Enon ini mengatakan lokasi Curug Cigetruk berada di sebelah selatan Desa Mandala, yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan dan sangat memungkinkan untuk menjadi salah satu wilayah pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.

“Disini terdapat berbagai sumber daya alam dan berpotensi dikembangkan menjadi destinasi baru wisata di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan Majalengka,” ungkapnya.

Enon menjelaskan untuk mencapai kelokasi Curug Cigetruk akses jalannya cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jika dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, jaraknya kurang lebih 20 kilometer (Km).

“Untuk lokasi parkir kendaran roda dua bisa menampung 50-60 sepeda motor, sedangkan untuk kendaraan roda empat (mobil) bisa parkir di lapangan yang tidak jauh dari lokasi,” ungkapnya.

Dikatakan Enon, pihak pengelola Curug Cigetruk sudah menyediakan sejumlah sarana prasarana, seperti kolam renang  dan warung juga sudah disediakan toilet dan kamar mandi. 

“Jadi para wisatawan atau pengujung bisa menikmati suasana air terjun dengan menuruni anak tangga atau melihat disekliling Curug Cigetruk ini terdapat hamparan sawah yang luas menghijau dengan landscape terasering yang indah,” katanya. 

Enon menegaskan,  para pengunjung Curug Cigetruk pihak pengelola mewajibkan menggunkan masker dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus korona. 

“Obyek Wisata Curug Cigetruk patuh protokol kesehatan, Curug ini menjadi curug satu satunya tertinggi di Kabupaten Cirebon, adapun untuk tiket masuk  saat ini perorang dikenakan biaya Rp. 5.000 dan parkir sekitar Rp. 2.000 untuk motor sedangkan untuk parkir mobil Rp. 5.000 saja,” demikian Enon.