Plat Dasar Putih Sudah Berlaku, Tak Semua Kendaraan Bisa Langsung Ganti

Kasatlantas Polres Ciko, AKP Triyono/Ist
Kasatlantas Polres Ciko, AKP Triyono/Ist

Plat nomer kendaraan bermotor dasar putih mulai bisa didapatkan masyarakat Kota Cirebon per September 2022. Namun, plat tersebut baru dikhususkan untuk kendaraan roda dua, sedangkan roda empat masih menunggu stok plat dasar hitam habis.


Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Cirebon Kota, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Triyono, Rabu (28/9).

"Plat dasar putih, sudah mulai dipakai untuk kendaraan bermotor roda dua. Untuk roda empatnya belum ada, karena masih menunggu stok plat dasar hitam habis," ucapnya.

Triyono menambahkan, proses pemakaian plat dasar putih bisa dilakukan saat pemilik kendaraan bermotor melakukan perpanjangan lima tahun atau motor keluaran terbaru.

"Prosesnya, disaat pemilik motor melakukan perpanjangan surat-surat kendaraan dan motor terbaru nanti keluarnya sudah mendapatkan plat dasar putih," tuturnya.

Triyono melanjutkan, saat ini plat dasar putih sudah disebar sebanyak 200 pasang untuk kendaraan bermotor roda dua.

"Kita keluarkan sekitar 200 pasang plat kendaraan roda dua, tujuannya plat putih itu ke depannya untuk identifikasi terkait masalah ETLE agar kamera lebih jelas menangkap nomor kendaraan tersebut untuk nomornya itu warna hitam jadi lebih jelas," paparnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membuat plat dasar putih secara mandiri. Sebab, prosesnya harus mengikuti aturan yang berlaku di kepolisian.

"Untuk masyarakat umum mengganti plat yang misalkan dari hitam ke putih itu secara mandiri enggak boleh. Tetap harus dari kami dari kepolisian yang mengeluarkan plat terbaru dengan dasar putih angka hitam," pungkasnya.