Politisi Golkar Desak Pemkab Cirebon Sediakan Layanan Konseling Bagi Kaum Disabilitas Di Tiap Puskesmas

Pemberian Kursi Roda Buat Penyandang Disabilitas/RMOLJabar
Pemberian Kursi Roda Buat Penyandang Disabilitas/RMOLJabar

Penyandang disabilitas selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah. Padahal, mereka memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses pelayanan kependudukan, pelayanan kesehatan dan juga pendidikan.


Demikian disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Yayat Hidayat, disela pemberian bantuan Kursi Roda dan paket sembako di Kampung Salam Desa Jatipancur Greged Cirebon. Minggu (9/5) kemarin.

“Kami dari Partai Golkar Kabupaten Cirebon akan sekuat tenaga memperjuangkan para penyandang disabilitas mendapatkan hak-haknya seperti warganegara pada umumnya,” kata Yayat.

Politisi Golkar asal Dapil 7 Kabupaten Cirebon tersebut mendesak agar Pemkab Cirebon bisa memberikan akses layanan kesehatan dan konseling bagi penyandang disabilitas di setiap Puskesmas.

“Seharusnya ditiap Puskesmas itu ada dokter spesialis anak agar anak-anak penyandang disabilitas tesebut mendapatkan pelayanan kesehatan juga layanan konseling,” tegasnya

Selain itu, Yayat mengatakan setiap penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon harus masuk kedalam kepesertaan BPJS yang dibiayai oleh Pemerintah.