Polres Purwakarta Perketat Penerapan Protokol Penanggulangan Covid-19

Polisi perketat operasi yustisi guna terapkan protokol kesehatan/RMOLJabar
Polisi perketat operasi yustisi guna terapkan protokol kesehatan/RMOLJabar

Polres Purwakarta melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak aman, menggunakan masker, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan melalui Polsek bersama unsur TNI dan Pemerintah kecamatan setempat seperti yang dilakukan oleh Polsek Bungursari dengan menggencarkan penegakan pelaksanaan protokol Covid-19 di wilayahnya. 


Jajaran Polsek Bungursari menggelar operasi yustisi secara mobile di tujuh titik dan satu titik oprasi yustisi secara stasioner.

Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Kapolsek Bungursari, Kompol H. Agus Wahyudin mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi pencegahan Covid-19 sebagai bentuk usaha untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

"Operasi yustisi ini kita lakukan bersama Muspika Bungursari, jadi bahasanya menciptakan kondisi agar kondisi masyarakat di tempat umum tetap menerapkan protokol kesehatan setiap saat," ucap Agus, Senin (19/10). 

Dijelaskanya, untuk setiap harinya Polsek Bungursari bersama muspika melakukan operasi yustisi secara mobile ke beberapa titik dan juga secara stasioner yang di pusatkan di titik keramaian.

"Kami menggelar operasi yustisi secara humanis dan persuasif, serta terus mengajak seluruh masyarakat untuk selalu 'Ingat Pesan Ibu', yaitu menerapkan protokol kesehatan 3M, dengan Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun," ucap Agus.

Pasalnya, sambung dia, penerapan protokol kesehatan 3M merupakan perubahan perilaku guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Melalui operasi yustisi ini, kami berharap, dapat menjadi pengingat bagi warga. Kalau ada warga yang terjaring operasi yustisi, dan terkena sanksi, maka dia akan selalu ingat. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan," imbuhnya.

Agus mengklaim, sesuai Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan mengatakan, operasi yustisi protokol kesehatan di Kecamatan Bungursari digelar secara humanis dan persuasif, dalam membantu Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker.

"Dalam operasi yustisi ini dilakukan juga sosialisasi pencegahan dan pendisiplinan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Ingat Pesan Ibu, Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan," demikian Agus.