Polres Subang Amankan Pelaku Penipuan Sewa Kendaraan Roda Empat

Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Subang meringkus seorang tersangka tindak pidanan penipuan dan penggelapan kendaraan berinisial RS. Selain itu, Polres Subang juga mengamankan barang bukti sebanyak 16 kendaraan roda empat.


Kapolres Subang, AKBP. Teddy Fanani menerangkan, pelaku berhasil diamankan atas laporan seorang warga yang melaporkan merasa kendaraannya dibawa lari tersangka. Adapun modus yang dilakukan pelaku adalah dengan menyewa kendaraan.

"Kendaraan tersebut disewa pelaku seharga Rp.250.000 perhari dan disewa selama 1-2 bulan. Berdasarkan pengakuan pelapor, selama 1-3 bulan sewaan lancar Rp.250.000 perhari, namun memasuki bulan ke 4 sewaan tak lancar bahkan pelaku menghilang tanpa kabar,” tutur Teddy, di saat gelar perkara di Mapolres Subang, Rabu (18/3).

Lebih lanjut, Teddy menerangkan, kendaraan-kendaraan yang disewa kemudian digadaikan pelaku. “Sebanyak 16 unit kendaraan yang kita amankan, rata-rata digadaikan oleh pelaku seharga Rp.20-40 juta tergantung jenis kendaraannya,” terangnya.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Teddy mengimbau masyarakat waspada terhadap modus penipuan seperti yang dilakukan RS. ”Bagi pemilik kendaraan diharapkan waspada, jangan mudah terkena bujuk rayu oleh seseorang yang ingin menyewa kendaraan,” pungkasnya.

Akibat perbuatan tersebut, pelaku yang melakukan penipuan dan penggelapan terancam pasal 372 dan 378 dengan ancaman 7 tahun penjara.