Positif Covid-19, Dua Cakades Di Karawang Jalani Ujian Tulis Di Rumah Sakit

Sejumlah Cakades di Karawang saat menjalani ujian tulis/RMOLJabar
Sejumlah Cakades di Karawang saat menjalani ujian tulis/RMOLJabar

Dua orang Calon Kepala Desa (Cakades) peserta Pilkades Serentak di Kabupaten Karawang terpaksa harus menjalani ujian tulis di Rumah Sakit (RS). Sebab, keduanya diketahui positif Covid-19.


Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Tata Suryadinata, Selasa (23/2).

"Ada dua calon kades yang terkonfirmasi positif Covid-19, sedang mengikuti tes tulisan di rumah sakit Lira Medical dengan memerhatikan protokoler kesehatan," ungkap Tata.

Dalam pelaksanaan Pilkades yang diikuti 177 desa pada 21 Maret 2021, saat ini ada 563 Cakades yang tengah mengikuti ujian tulis. Nantinya, bila hasil ujian tulis menyisakan 5 orang Cakades, maka akan dilakukan fit and proper test.

Setelah mengikuti ujian tulis pada 25 Februari lusa, terang Tata, pihaknya akan mengumumkan hasilnya. Kemudian, hari berikutnya pada 26 Februari 2021, Cakades akan mendapat nomor urut.

Ia berharap, Cakades yang tidak memenuhi syarat dan gagal dalam proses ujian tulis bisa legowo dan ikhlas atas hasil apapun.

"Ini merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, serta harus menjaga kondusifitas serta untuk mencari pemimpin yang di masa yang akan datang," ujarnya.

"Serta bisa mendapatkan perubahan terkait dengan pengelolaan Pemerintahan Desa lebih baik serta bisa mensejahterakan masyarakat pada umumnya," pungkasnya.