Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri, Mulai 1 Februari

RMOLJabar. Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan yang dia emban sejak tahun 2012. Padahal masa jabatannya masih sisa 3 tahun lagi.


Dilansir dari berita kantor Beria Politik RMOL, Selasa (8/1), pengunduran diri Jim Yong Kim berlaku efektif mulai 1 Februari 2019.

Saya akan mengundurkan diri sebaga Presiden Bank Dunia Grup pada 1 Februari. Merupakan sebuah kemewahan yang besar yang dapat saya bayangkan memimpin staf yang berdedikasi di institusi yang besar ini untuk membawa kita semakin dekat pada dunia yang pada akhrinya bebas dari kemiskinan,” tulis Kim dalam akun twitter pribadinya, @JimYongKim.

Menurut situs resmi Bank Dunia, setelah mengundurkan diri Jim akan bergabung dengan sebuah perusahaan dan fokus untuk menciptakan investasi infrastruktur di negara berkembang. Tidak dijelaskan lebih jelas mengenai hal ini.

Pengunduran diri Kim yang tiba-tiba ini memunculkan berbagai spekulasi. Tidak hanya mengenai siapa yang akan menggantikan Jim, melainkan bagaimana proses pemilihan gubernur Bank Dunia berikutnya akan dilakukan.

Selama berpuluh tahun, Gedung Putih memiliki kekuasaan besar untuk menentukan figur yang duduk di posisi ini. Tetapi tidak sedikit analis yang kini meragukan hal itu di saat Amerika Serikat dipimpin oleh Donald Trump yang dinilai skeptikal terhadap multilateralisme.

Kim terpilih kembali menjadi Presiden Bank Dunia pada tahun 2016 untuk priode kedua. Ia adalah warganegara keturunan Korea. Sebelum berkarier di Bank Dunia, Kim pernah bekerja untuk WHO, dan Harvard Medical School. Di tahun 2009, Kim menjadi pemimpin Dartmouth College.[son]