Puluhan Warga Positif Covid-19, PKS Kota Bekasi Minta Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara/Ist
Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara/Ist

Munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di salah satu RT di Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi mendapat perhatian serius dari beberapa kalangan. Sebab, munculnya kasus tersebut, menandakan penerapan protokol kesehatan di masyarakat mulai melonggar.


Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara mengingatkan agar kegiatan masyarakat tetap dibatasi dengan ketat karena kurva kasus Covid-19 masih fluktuatif. 

"Peraturan pembatasan kegiatan masyarakat, peraturan pelarangan mudik dan lain sebagainya untuk cegah Covid-19 sebetulnya kan tidak banyak berubah, tidak hilang, karena kasus Covid-19 juga sama sekali belum hilang dari Kota Bekasi, jadi jika ada kasus baru ditemukan, artinya bisa jadi kewaspadaan masyarakat sudah sangat kurang atau memang di wilayah tersebut sudah sangat minim pengawasan," kata Heri, Jumat (11/6).

Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, Heri menilai akan sangat membantu mencegah penularan, di samping adanya program Vaksinasi. Apalagi jika masyarakat mampu menahan diri tak beraktivitas di keramaian atau kegiatan berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Jangan sampai, angka Covid-19 di Kota Bekasi naik drastis lagi karena semua pihak tidak menjaga diri dan tidak berupaya mencegah penularannya. Kasihanilah tenaga kesehatan kita selama setahun ini masih harus berjibaku dengan kasus Covid-19,  hargailah mereka yang sudah berpulang, mendahului kita karena menderita Covid-19," ujarnya. 

Heri mengingatkan kepada para anggota dewan PKS di masing-masing Dapil kota Bekasi agar ikut serta mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya. 

"Ingatkan kader akan Prokes, ingatkan bahwa tetap ada pembatasan aktivitas, karena kita belum sepenuhnya bebas Covid-19," katanya. 

Ia juga meminta Pemkot kembali mengoptimalkan kinerja penanganan Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan kasus.

Diketahui, klaster penyebaran Covid-19 berjumlah 26 orang ditemukan di salah satu RT di Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jumat (10/6). Pemerintah setempat terpaksa harus memberlakukan karantina mikro atau lockdown lokal di wilayah RT tersebut.