Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Polres Purwakarta Genjot Disiplin Prokes

Sanksi sosial bagi pelanggar Protokol kesehatan di Purwakarta/RMOLJabar
Sanksi sosial bagi pelanggar Protokol kesehatan di Purwakarta/RMOLJabar

Berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dilakukan jajaran Polsek Plered, Polres Purwakarta dalam upaya mendukung aturan pemerintah terkait pencegahan virus dari Kota Wuhan, China tersebut. Salah satunya melalui operasi yustisi.


Dipimpin Kapolsek Plered, Kompol Winarsa, operasi yustisi dilakukan di depan Mako Polsek Plered, Sabtu (21/11). Kegiatan tersebut melibatkan 8 personel Polsek Plered, 4 personel Satpol PP dan 3 personel Dishub.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Plered Kompol Winarsa menyebut, operasi yustisi merupakan upaya mendisiplinkan masyarakat penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Sasarannya adalah para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker di luar rumah.

"Masih ada saja warga yang ditemukan oleh petugas operasi yustusi yang tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga harus mendapatkan tindakan berupa bentuk teguran," ujar Winarsa.

Ia mengatakan, kegiatan operasi yustisi selalu dilaksanakan personel Polsek Plered secara humanis dan persuasif, yang digelar secara stasioner dan mobile dalam setiap harinya. "Jika keluar rumah wajib menggunakan masker guna mencegah penyebaran virus corona di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta," kata Kapolsek.

Guna meningkatkan kewaspadaan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19, lanjut Winarsa, petugas gabungan akan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan menyosialisasikan khususnya pengendara dan masyarakat Plered ataupun yang melintas di Kecamatan Plered untuk menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

"Tak hanya itu, Kita juga akan terus melaksanakan kegiatan pre-emtif ini termasuk membagikan masker gratis kepada mereka yang tak menggunakan masker. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan dan mudah-mudahan segara berakhir," tuturnya.

Ia berharap masyarakat dapat memahami dan tetap menaati aturan pemerintah serta tidak meremehkan persoalan Covid-19. "Mari kita saling mengingatkan, saling bertukar informasi, laksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dengan penuh kesadaran akan pentingnya kesehatan, untuk kita diri sendiri dan orang lain," ucapnya.

Kapolsek Plered meyakini dengan adanya kerja sama dari berbagai elemen masyarakat dalam gerakan 3M, Covid-19 yang tengah mewabah bisa segera teratasi. "Kami berharap, masyarakat dapat lebih aware dengan melindungi diri dan keluarga dari paparan Covid-19. Kami akan terus mengajak masyarakat untuk selalu ingat pesan ibu, yaitu menerapkan protokol kesehatan 3M, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun," demikian Kapolsek.