Rano Karno Jadi Calon Kuat PDIP Di Pilkada Banten 2024

Rano Karno/Net
Rano Karno/Net

PDI Perjuangan Banten bakal langsung tancap gas menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk memenangkan kader internalnya pada Pilkada 2024.


Kendati demikian, PDIP Banten menyatakan sejauh ini masih melakukan komunikasi. Pasalnya, ada kader internal sudah mumpuni baik secara elektoral maupun elaktabilitas.

"Ada Pak Rano Karno, Pak Ade Sumardi (Ketua PDIP Banten), dan ada tokoh partai Pak Mulyadi Jayabaya," kata Sekretaris PDIP Banten, Asep Rahmatullah usai mengikuti Rakerda PDIP Banten di Sekretariat PDIP Banten, Kota Serang, Rabu (9/6).

Menurut Asep, dari tiga kandidat internal paling kuat yang potensial dipilih adalah Rano Karno, yang adalah mantan penantang Gubernur Wahidin Halim-Andika Hazrumy di Pilkada lalu. 

"Kemungkinan besar, hasil survei Rano Karno dipasangkan dengan siapa itu bagian pembahasan politik ke depan," kata Asep dikutip dari Kantor Berita RMOLBanten.

Meski begitu, PDIP tetap terbuka untuk putra putri terbaik Banten dalam menata kontestasi di Pilgub Banten 2024. Tapi fokus saat ini masih memaksimalkan konsolidasi di tingkat internal partai.

"Bagaimana PDIP mengkonsolidasikan dari tingkat daerah sampai tingkat cabang ranting dan anak ranting," ujar Asep.

Di sisi lain, lanjut Asep, PDIP akan memanfaatkan kekosongan panggung politik karena masa jabatan kepala daerah, termasuk Gubernur Banten Wahidin Halim akan habis pada 2022. 

"Mungkin 2022 akan ada kekosongan di Provinsi Banten dan itu jadi salah satu yang kita pikirkan untuk bagaimana dua tahun kita masih punya ruang menggodok kader partai, dan dari ekternal mau mencalonkan PDIP akan mengakomodir," terangnya.

Terakhir, Asep meyakini PDIP mampu merebut kursi kemenangan di Pilkada 2024 sekaligus menggeser Gerindra sebagai partai pemenangan Pemilu.

"Saya punya keyakinan di 2024 PDIP jadi partai pemenang, hanya sekarang kita titipkan (kemenangan) ke Gerindra yang besok 2024 kita ambil dengan hormat melalui kontestasi Pileg dan Pilpres," pungkas Asep.