Ratusan Ribu Warga Kota Bekasi Bakal Jadi Target Vaksinasi Covid-19

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi/Ist
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi/Ist

Pemerintah Kota Bekasi akan memperoleh vaksin Covid-19 untuk disuntikkan kepada 480.000 dari 2,458 juta penduduk di 56 kelurahan. Vaksinasi tersebut dilakukan untuk penanggulangan Covid-19 dan menjaga kesehatan masyarakat Kota Bekasi.


Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, penyuntikan vaksin bagi warganya juga telah diajukan ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurutnya, pendataan kepada warga Kota Bekasi penerima Vaksin Covid-19 dilakukan berdasarkan kriteria dan prioritas.

Hal tersebut sebagaimana Instruksi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi Nomor: 443.1/1375/SET.COVID-19 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Penanggulangan Covid-19 di Kota Bekasi. Instruksi tersebut mulal berlaku pada 14 Oktober 2020 untuk diproses dan tindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun instruksi yang diperintahkan Gubernur Jawa Barat terkait penyuntikan vaksin, ujarnya terdapat beberapa tahapan di antaranya dengan menetapkan indikator dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi seperti menetapkan kriteria dan skala prioritas penerima vaksin, penyusunan penjadwalan dan tahapan pemberian vaksin Covid-19, serta perlu adanya standar pelayanan vaksinasi. 

“Setelah itu dilakukan maka nantinya kita melaporkan hasil Pelaksanaan Vaksinasi kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 di Kota Bekasi,” bebernya, Rabu (14/10).

Kemudian, berdasarkan perintah Gubernur, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi juga harus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi dalam menetapkan kriteria dan skala prioritas penerima Vaksin Covid -19 di 56 kelurahan se-Kota Bekasi.

“Kita juga harus memastikan warga masyarakat penerima Vaksin Covid -19 di Kota Bekasi telah sesuai dengan kriteria dan skala prioritas yang di tetapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi,” bebernya.

Lalu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi juga bakal melaksanakan tugas koordinasi dengan Dinas Sosial Kota Bekasi dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi terhadap data Warga masyarakat yang terdaftar dalam penerima Vaksin Covid -19.

“Nanti Disdukcapil mempunyai tugas untuk memastikan masyarakat yang bakal divaksin memiliki Nomor lnduk Kependudukan (NlK) Kota Bekasi. Lalu Camat dan Lurah Se-Kota Bekasi juga bertugas ikut membantu pendataan terhadap warga masyarakat Kota Bekasi yang menjadi penerima Vaksin Covid-19 yang ada di wilayahnya masing-masing. Dengan kuota yang kita dapat berarti nantinya perkelurahan ada  8.571 warga yang bakal divaksin,” tandasnya.