Rektor Resmikan Lokapala, Taman Penjaga Bumi Unpad

Peresmian Lokapala Unpad/RMOL
Peresmian Lokapala Unpad/RMOL

Lokapala, atau penjaga bumi ditetapkan sebagai nama taman di halaman Rektorat Universitas Padjdjaran di Jatinangor, Jawa Barat. Peresmian dilakukan saat pada kegiatan tanam pohon oleh civitas akademika Unpad bersama IKA Unpad dan Ikatan Notariat (Ikano) Unpad, Sabtu pagi (21/11).


Penanaman pohon dalam rangka Hari Pohon Dunia itu juga merupakan implementasi pola ilmiah pokok "Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional".

Secara simbolis, Unpad menanam 63 pohon yang berlokasi di tiga titik di Kampus Jatinangor.

Dalam acara tersebut, turut hadir Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Rudiantara, Ketua Ikano Unpad Ranti Fauza Mayana, Ketua Ika Unpad Irawati Hermawan, serta para pimpinan di lingkungan Unpad.

Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari mengatakan, penanaman pohon yang juga dilakukan untuk memperingati Hari Pohon Sedunia 21 November merupakan wujud dari pengembangan "Lokapala Unpad" kerja sama Unpad dengan Ikano Unpad.

Lokapala Unpad merupakan area kebun di Kampus Jatinangor yang akan ditanami oleh berbagai jenis tanaman produktif dan langka, seperti beragam jenis tanaman buah-buahan serta berbagai tanaman langka dan khas Jawa Barat.

"Arti dari lokapala adalah kebun buah-buahan. Akan tetapi, secara filosofis artinya adalah penjaga bumi. Mudah-mudahan Lokapala Unpad betul-betul bisa menjaga bumi," kata Diana.

Selain itu, penanaman pohon kali ini adalah upaya untuk mencapai target penanaman 1.000 pohon di Kampus Jatinangor pada 2024. Program ini merupakan wujud dari program "Padjadjaran Kresna" atau program Unpad dalam menjaga bumi.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, program penanaman pohon ini merupakan wujud konkret dari sinergi dengan alumni. Alumni semakin bersinergi untuk bersama menyukseskan Unpad sebagai kampus bermanfaat dan mendunia.

"Kami bangga dengan alumni, sama-sama kita mengusung cinta lingkungan dan wujud cinta kepada Unpad," kata Rektor.

Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Ganjar Kurnia mengatakan, program penanaman pohon ini ke depannya bisa dikembangkan menjadi program wali pohon. Setiap alumni bisa berkontribusi memberikan sumbangan pohon untuk ditanam di Kampus Jatinangor.

Selain pohon, alumni juga bisa berkontribusi menyumbangkan dana untuk program Dana Abadi Padjadjaran.

Acara penanaman pohon ini juga diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Unpad dan Ikano Unpad serta Unpad dan Ika Unpad dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Dana Abadi Padjadjaran.