Remisi Diberikan Bagi 13 Warga Binaan, 1 Di Antaranya Dibebaskan

Sebanyak 13 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang mendapatkan remisi pada momentum Natal 2019. Dari ke-13 warga binaan yang menerima remisi, 1 di antaranya dinyatakan bebas.


 

Pemberian remisi sendiri dilakukan di Aula Lapas Kelas II A Karawang usai kegiatan apel pagi, Rabu (25/12).

Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Iskandar Irianto Basuki mengatakan, sebanyak 12 warga binaan lainnya masih harus menjalani hukuman, meski telah mendapat remisi. Dia menyebut, syarat untuk mendapat remisi minimal telah menjalani masa tahanan selama 6 bulan.

"Selama waktu tersebut, para napi yang bersangkutan bakal dinilai oleh petugas. Penilaiannya yang utama adalah berkelakuan baik selama di sini (Lapas)," ujar Basuki.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat Abdul Aris menuturkan, hari Natal menjadi momentum untuk tidak membeda-bedakan, termasuk bagi warga binaan yang saat ini menjalani pidana di Lapas maupun rumah tahan negara.

Aris berharap, remisi khusus tersebut menjadi motivasi bagi warga binaan untuk terus berbuat baik atau memperbaiki diri, menyadari kesalahan, dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga diterima kembali masyarakat.

"Mereka harus aktif berperan dalam pembangunan sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab." kata Aris.