Resmi Dilantik, Hipmikindo Diharapkan Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Jabar

Pelantikan pengurus Hipmikindo Jabar/RMOLJabar
Pelantikan pengurus Hipmikindo Jabar/RMOLJabar

Pengurus DPD Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Jawa Barat resmi dilantik di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung.


Acara pelantikan tersebut turut dihadiri Ketua Umum DPP Hipmikindo, Syahnan Phalipi, Wakil Ketua Dekranasda Jabar, Lina Marlina Ruzhan, Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Kusmana Hartadji.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Hipmikindo Jabar, Ayda Gurning mengatakan, pihaknya akan mulai melaksanakan sejumlah program pembinaan kepada sejumlah pelaku UKM.

"Hipmikindo bertekad menjadi satu asosiasi yang memberikan kontribusi baik pengusaha mikro maupun kecil dengan terus mengedepankan pendidikan, pelatihan, pendampingan serta pengembangan sektor secara regional, nasional serta internasional," ucap Ayda, ditemui usai pelantikan, Selasa (23/2).

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan visi Hipmikindo yakni terwujudnya pengusaha mikro kecil yang jujur, mandiri, sejahtera, adil dan makmur yang memiliki jiwa kebangsaan dan membangun daya saing.

"Hipmikindo berusaha memberikan pelayanan yang terbaik guna mewujudkan pelaku mikro dan kecil adil makmur berlandaskan kepada Pancasila dan Undang Undang 1945," imbuhnya.

Ayda mengatakan, pihaknya juga mempunyai program unggulan yakni UMKM Disabilitas Juara. Menurutnya, program tersebut menjadi pelopor program untuk UMKM bagi orang yang berkebutuhan khusus.

"Satu program yang sedang kami susun bersama pemerintah adalah UMKM disabilitas juara dan siap go internasional," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan Provinsi Giosambukdo, Korea Selatan untuk produk souvenir, kuliner, dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Jabar, Lina Marlina Ruzhan mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Hipmikindo Jabar.

Dirinya menilai, Hipmikindo merupakan salah satu organisasi penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Jabar.

"Jika kita melihat perkembangan negara-negara maju, pengusaha merupakan pilar ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Lina.

Karenanya, Lina pun berharap, bagi pengusaha muda yang tergabung dalam Hipmikindo yang memiliki jaringan dan pengetahuan agar mampu memanfaatkan segenap potensi untuk membantu memajukan UMKM di Jawa Barat.

"Kami menaruh harapan besar agar Hipmikindo menjadi organisasi mandiri bisa menjadi wadah pengembangan kreativitas dan inovasi para pengusaha serta dapat mengembangkan kerjasama yang sinergis seimbang, selaras dan memberi kontribusi nyata bagi masyarakat," tandasnya.