Resmikan Patung Dewi Sartika, Oded Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter

Oded M. Danial/RMOLJabar
Oded M. Danial/RMOLJabar

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menilai bahwa pendidikan karakter menjadi suatu hal yang harus diperhatikan di dunia pendidikan. Menurutnya, dengan berbekal karakter yang kuat, maka suatu bangsa akan tumbuh dengan kuat.


"Yang saya lihat, pertama pendidikan karakter anak-anak bangsa ini harus banyak belajar dari beliau, karena dengan karakter, bangsa ini menjadi kuat," kata Oded usai meresmikan patung  R. Dewi Sartika, di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, Jl. Wastukencana, Senin (3/5).

Oded menuturkan, Dewi Sartika sebagai tokoh pendidikan harus terus dijadikan teladan bagi dunia pendidikan. Menurutnya, perjuangan Dewi Sartika memiliki nilai-nilai karakter yang kuat dalam membangun sebuah pendidikan yang berkualitas.‎

"Kita di tataran sunda ini punya tokoh pendidikan yang sangat luar biasa, beliau punya gagasan pemikiran, melawan penjajah melalui pendidikan ini yang harus ditumbuhkan terus," tuturnya.

Oded berharap, pendirian prasasti Dewi Sartika, dapat menjadi sarana  edukasi dan pengenalan sejarah bangsa. Pasalnya, di area prasasti terdapat informasi singkat tentang pesan-pesan dari Dewi Sartika.‎

"Jadi sekarang kita bisa melihat pesan-pesan penting beliau," tandasnya.‎