Ribuan Lampu Penerangan Jalan Umum Akan Di Bangun Pada 2020

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung telah menganggarkan Rp 45 miliyar untuk pemeliharaan dan pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU). Rencananya, 1.000 hingga 1.500 PJU akan dibangun dan menjadi target DPU du tahun 2020.


Kasi Perencanaan PJU DPU Kota Bandung, Melky Koswara mengatakan, jumlah ideal untuk JPU di Kota Bandung membutuhkan 66 ribu PJU. Akan tetapi, hingga kini baru 44 ribu yang telah dibangun, dan tersisa 22 ribu lagi.

"Kita punya anggaran di 2020, ini untuk pembangunan dan pemeliharaan,"tuturnya di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (27/02).

Sementara terkait pemeliharaan, tutur Melky, sekitar 90 persen PJU masih berfungsi secara optimal dan 10 persen lagi dalam perbaikan. Selain itu, pihaknya juga akan menambahkan JPU berbasis solar cell.

Hanya saja, pembangunan JPU Solar Cell harus di daerah tinggi agar penyerapan matahari lebih mudah. Rencananya, JPU Solar Cell akan kembali dibangun di Wetland Cisurupan dan Mbah Celeng.

"Pembangunan JPU di daerah tinggi itu karena penyerapan matahari lebih cepat, kalau diadakan di daerah rendah seperti disini dihambat pohon-pohon," tuturnya.

Melky menyebut, pihaknya terus berupaya memelihara dan membangun JPU demi keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perjalanan. Namun dirinya mengakui saat ini dari seluruh komponen tidak semua JPU menyala dan aliran listrik terputus.