Ribuan Surat Suara Pilpres Ditemukan Rusak

RMOLJabar. Sebanyak 3.183 lembar surat suara untuk kebutuhan pilpres 2019 yang akan digelar April nanti ditemukan dalam kondisi rusak.


Begitu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Supriatna saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar, pada Jumat (29/3) petang.

Menurut Supriatna, temuan ribuan lembar surat suara rusak itu setelah jajarannya melakukan tahap sortir lipat (sorlip) sejak Rabu (27/3) hingga Kamis (28/3) kemarin.

"Bila dirinci itu total surat suara (Pilpres) yang rusak sebanyak 3.183 lembar sedangkan surat suara yang dalam kondisi baik sebanyak 2.392.751 lembar," ujarnya.

Dari hasil penyortiran tim, lanjut Supriatna, surat suara yang rusak itu kategorinya cukup beragam seperti kertas sobek, ada bercak, serta hasil cetakan yang terlihat tidak utuh.

"Sesuai prosedur kami telah mengajukan penggantian. Permintaannya juga sudah secara resmi dikirim ke KPU RI dan juga ditembuskan ke KPU Jawa Barat," katanya.

Tak hanya pengganti surat suara Pilpres, tambah dia, pihaknya juga ikut melaporkan jenis surat suara lainnya yang sebelumnya ditemukan rusak dan butuh penambahan.

Berdasarkan data yang diterima, surat suara lainnya yang ditemukan rusak hasil penyortiran KPU yaitu 5.403 lembar surat suara untuk Pileg DPR RI (pusat).

Selanjutnya, 3.490 lembar untuk kebutuhan Pileg tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat, lalu 3.742 lembar untuk tingkat DPRD Kabupaten Bandung, dan terakhir surat suara rusak sebanyak 4.805 untuk DPD RI. [gan]