Ridwan Kamil Bakal Hadir di Rangkaian HUT Kosgoro 1957, Sinyal Masuk Partai Golkar?

Pembukaan Muskernas dan Peringatan HUT Kosgoro 1957 ke 65 di Kota Bandung/RMOLJabar
Pembukaan Muskernas dan Peringatan HUT Kosgoro 1957 ke 65 di Kota Bandung/RMOLJabar

Teka-teki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbaju partai mulai terbuka. Dari sekian banyak partai, intensitas komunikasi dan pertemuan yang dilakukan Ridwan Kamil dengan Partai Golkar mulai menunjukan sinyal.


Misalnya, saat acara malam puncak HUT Partai Golkar ke 58, Ridwan Kamil hadir dengan memakai batik berwarna kuning. Hal inilah yang dianggap sebagai sinyal bahwa mantan Wali Kota Bandung itu bergabung dengan partai berlambangan pohon beringin ini.

Besok, Minggu (26/11), Kang Emil begitu sapaannya dikabarkan akan menghadiri acara Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) dan peringatan HUT Kosgoro 1957 di Kota Bandung.

Kehadiran orang nomor satu di Jabar itu dikonfirmasi oleh Ketua Panitia Muskernas dan HUT Kosgoro 1957 ke 65, Lamhot Sinaga. "Betul, beliau (Ridwan Kamil) dikonfirmasi akan hadir," kata kata Lamhot, saat diwawancara, Sabtu (26/11).

Menurutnya, Ridwan Kamil akan hadir bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kegiatan Festival UMKM di Gedung Sate Kota Bandung.

Malam harinya lanjut dia, Ridwan Kamil juga akan menghadiri malam puncak peringatan HUT Kosgoro 1957 ke-65 bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga merupakan kader dari organisasi pendiri Partai Golkar ini. 

Dalam acara puncak inilah dari berbagai informasi yang beredar, Ridwan Kamil akan bergabung dengan Kosgoro 1957 yang merupakan ormas pendiri Partai Golkar.

"Mukernas dan HUT Kosgoro 1957 yang ke 65 kita rangkaikan itu ada selain acara organisasi juga ada acara yang bersifat ekonomi kerakyatan," katanya.

"Karena Kosgoro 1957 ini jati dirinya sebenarnya adalah koperasi serba usaha. Kosgoro 1957 kegiatannya tidak jauh jauh dari ekonomi kerakyatan. Ada festival UMKM dan gebyar pasar murah di Gedung Sate. Juga ada Apel akbar sekitar seribu kader menyambut kedatangan Pak Airlangga," tambahnya.

Lamhot yang juga anggota DPR RI ini juga menambahkan, di acara puncak yang akan digelar malam hari, akan ada penghargaan yang diberikan kepada kader senior yang dinilai mempunyai prestasi dan layak mendapatkan penghargaan tersebut.

"Puncak HUT Kosgoro 1957 ada Kosgoro 1957 award terhadap beberapa orang. Ada empat kategori untuk kader senior dan luar yang pantas dan layak. Dan puncaknya dalah pidato politik Airlangga," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave Laksono meminta seluruh kader-kader Kosgoro 1957 di seluruh Indonesia untuk membangun kekuatan yang solid dan utuh dalam menghadapi kontestasi Pemilu 2024. 

Kosgoro 1957 sebagai salah satu ormas pendiri Partai Golkar diharapkan membuat jaringan-jaringan baru di seluruh daerah untuk memenangkan Partai Golkar pada Pemilu 2024.

"Kunci kemenangan Partai Golkar terletak pada soliditas kita dengan rakyat. Kader Kosgoro 1957 harus terus membentuk jaringan- jaringan baru, jangan saling sikut dan jangan saling berebut di dalam tapi berebut di luar pagar kita," kata Dave Laksono saat membuka acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) I Kosgoro 1957 dalam rangkaian acara HUT Kosgoro 1957 ke-65.

Ia menyebutkan pada tahun 2023 merupakan tahun pemanasan untuk menghadapi Pemilu 2024. Kader Kosgoro 1957 diharapkan mengcover seluruh kalangan masyarakat baik di lingkungan komunitas, keagamaan dan lainnya. 

"Kader Kosgoro 1957 adalah pejuang-pejuang Partai Golkar yang akan menghantarkan pada kemenangan di Pemilu 2024 nanti," katanya. 

Ia mengungkapkan Kosgoro 1957 sejatinya mengedepankan gerakan koperasi yang harus menjadi pilar perekonomian rakyat gerakan koperasi dan UMKM.

"Koperasi san UMKM adalah kekuatan ekonomi kerakyatan yang nyata. Ke depan koperasi dan UMKM akan beradaptasi dengan teknologi digital," tuturnya.