Ridwan Kamil Sebut Pesantren Di Kuningan Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

Ridwan Kamil Sebut Pesantren Di Kuningan Jadi Klaster Penyebaran Covid-19
Ridwan Kamil/Repro

Ketua Gugus Tugus Percepatan Penanggulangan (GTPP) Jawa Barat, Ridwan Kamil, ungkap adanya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan.


"Sekarang di Jabar ada klaster pesantren di Kuningan, yang minggu ini kita akan melakukan pengetesan massal sesuai pola yaitu di wilayah Ciayumajakuning karena beberapa daerah di wilayah tersebut terjadi yang namanya peningkatan kasus Covid," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (28/9).

Menurutnya, saat ini Tim Gugus Tugas tengah fokus menangani klaster  Covid-19  yang diketahui  berada di lingkungan pesantren.

Emil menduga, munculnya klaster  pesantren karena masih banyaknya santri atau pun tenaga pengajar yang keluar masuk ke lingkungan pesantren menyebabkan adanya klaster penyebaran Covid-19 di pesantren.

"Yang kami temukan itu karena adanya keluar masuk. Kalau yang sifatnya bermukim itu relatif menurut laporan dari Pak Wagub lebih terkendali, tapi ada kasus kasus dimana tercampur dengan yang sifatnya sekolah umum dan orangnya tidak bermukim di wilayah pesantren," katanya.

Kendati demikian, Emil memastikan pihaknya sudah memulai koordinasi kembali dalam menerapkan protokol kesehatan bersama para pengelola pesantren dan ratusan kiai.

"Kemarin Pak Wagub sudah memulai koordinasi protokol dan tindakan ini dengan para pemilik pesantren dengan 500 kiyai dan minggu ini sudah kami tugaskan fokus pengetesan PCR juga ke zona pesantren," tandasnya.