Saatnya yang Muda Memimpin

Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan/Net
Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Anies Baswedan/Net

KAUM muda adalah kekuatan bukanlah sekadar slogan atau jargon politik semata. Bagi Partai Demokrat, kaum muda memiliki histori dan peran yang telah teruji dan terbukti sebagai anak zaman yang melahirkan zaman.

Kaum muda yang selalu memiliki peran yang deterministik dalam sejarah perjalanan bangsa ini harus segera disadarkan untuk kembali menjadi garda terdepan dalam menentukan arah bangsa ini.

Dua tahun lagi bangsa ini akan menggelar pemilihan umum termasuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Kelompok muda yang diwacanakan sebagai salah satu kekuatan politik yang signifikan harus memiliki representasi yang konkret untuk mengintervensi secara langsung hajatan politik tahun 2024.

Sampai saat ini profil yang dianggap memiliki kapabilitas sebagai representasi konkret anak muda adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ini bukanlah sekadar klaim semata.

Pertama, selama AHY menjabat sebagai Ketua Umum, Partai Demokrat memiliki kenaikan elektabilitas signifikan. Seperti survei yang baru dirilis Litbang Kompas dengan menempatkan Partai Demokrat dalam 3 besar dengan angka 14 persen yang berpotensi untuk terus naik.

Kedua, AHY selalu masuk dalam 5 besar survei sebagai tokoh yang diinginkan oleh masyarakat untuk menjadi presiden atau wakil presiden. Artinya ada harapan yang disematkan oleh rakyat untuk melakukan perubahan dan perbaikan.

Ketiga, AHY pernah menjadi lulusan terbaik saat masih berkecimpung dalam dunia militer.

Keempat, AHY memiliki struktur dan infrastruktur yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mewadahi keterlibatan anak muda dalam menyongsong perubahan dan perbaikan.

Kelima, soal wawasan AHY tidak perlu diragukan. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan Anies Baswedan seorang akademisi dan teknorat ulung yang merasa nyaman dan memiliki chemistry ketika berdiskusi dengan AHY. Selain itu, AHY saat ini sedang menjalani studi S3.

Kesimpulannya AHY merupakan tokoh yang memiliki profil konkret untuk menjadi representasi anak muda dalam memimpin bangsa ini.

Saya kira jangan biarkan rakyat menunggu terlalu lama untuk perubahan dan perbaikan bangsa ini.

Kami sudah berkeliling Jakarta Pusat. Rakyat menanti agar koalisi segera deklarasi dan mengumumkan calon presiden dan wakil presiden.

Rakyat menghendaki Anies-AHY untuk maju berpasangan memimpin perubahan dan perbaikan bangsa ini.

Penulis adalah Sekretaris DPC Partai Demokrat Jakarta Pusat