Sabhara Polres Majalengka Latihan Hadapi Demonstran

Personel Polres Majalengka saat latihan menghalau unjuk rasa/RMOLJabar
Personel Polres Majalengka saat latihan menghalau unjuk rasa/RMOLJabar

Dalmas Kerangka Sabhara dan Staf Polres Majalengka menggelar pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) yang langsung dipimpin oleh Wakapolres Majalengka Kompol Sumari. Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam mengantisipasi segala risiko dari aksi unjuk rasa.


Begitu diungkapkan Wakapolres Majalengka Kompol Sumari, Senin (12/10).

"Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” ujar Kompol Sumari.

Selain itu, lanjut Sumari, pihaknya melatih personelnya terkait gerakan maupun formasi Dalmas itu sendiri sebagai wujud persiapan dalam menghalau para unras.

"Dalam rangka persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Majalengka," ungkapnya.

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya.

Kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) di lapangan.

"Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya di lapangan,” pungkasnya.