Satu Orang Warga Binaan Lapas Kelas 1 Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kalapas Kelas 1 Cirebon/RMOLJabar
Kalapas Kelas 1 Cirebon/RMOLJabar

Satu orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul tes swab yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Lapas tersebut.


Kepala Lapas kelas 1 Cirebon, Agus Irianto mengatakan, ada sekitar 200 orang yang mengikuti tes swab. 200 orang tersebut masing-masing terdiri dari 107 orang pegawai Lapas, 48 orang warga binaan pindahan dari Lapas Cipinang dan 45 orang warga binaan yang sering membantu pegawai Lapas.

“Dari hasil tes swab, saat ini masih ada satu orang warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk pegawai, semuanya negatif” kata Agus, Selasa (27/10).

Agus menyebutkan, satu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah warga binaan pindahan dari Lapas Cipinang. Karena tidak ada gejala atau keluhan, warga binaan tersebut berstatus orang tanpa gejala (OTG).

“Warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini tengah menjalani isolasi di Poliklinik yang ada di Lapas Kelas 1 Cirebon”, ungkapnya.

Sementara itu, dijelaskan Agus, untuk warga binaan pindahan dari Lapas Cipinang yang negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab, mereka masih akan tetap dipisahkan dengan warga binaan yang lain selama 14 hari.

“Setelah 14 hari dan dinyatakan siap, mereka baru akan menjalani masa pengenalan lingkungan di Lapas Kelas 1 Cirebon”, demikian Agus.