Sebut Airlangga Presiden, Ridwan Kamil Legowo Jadi Cawapres?

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (kiri)/RMOLJabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (kiri)/RMOLJabar

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengomentari atas ucapan 'Airlangga Presiden' di Munas IX Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Minggu (6/3).


Komenter tersebut diutarakan Ridwan Kamil saat menutup sambutannya dalam Munas IX AMPI, di Gedung Merdeka, Minggu (6/3).

"AMPI jaya, Golkar menang, Airlangga Presiden," sebut Emil, sapaan akrabnya.

Menurutnya, ucapan yang dilontarkan tersebut merupakan bentuk ramah tamah khas orang Sunda.

"Orang Jabar itu terkenal dengan sopan santun, Someah Hade Kasemah, tamu minta apa kami sediakan, Tamunya bercita-cita apa kami doakan, itu saja jawabannya," ujar Emil, Senin (7/3).

Emil juga menyangkal bahwa ucapan yang dilontarkan tersebut merupakan kode untuk menggaet Partai Golkar. Sejauh ini, tegas Emil, dia belum memutuskan untuk bergabung dengan partai manapun.

"Iya, salah satu yang sedang di istikharah kan, nanti dikabarin kalau sudah ada keputusan," tegasnya.

Emil juga tak merespon lebih jauh terkait keinginan AMPI Jabar untuk duet Airlangga-Ridwan Kamil di Pilpres 2024. Menurutnya, apa yang dilontarkan AMPI merupakan hal yang wajar dalam sistem politik demokrasi.

"AMPI Jabar duetkan Airlangga-Ridwan, namanya aspirasi tidak bisa dihalangi, karena politik kita adalah demokrasi, selama disampaikan dengan baik tak ada masalah," ujarnya.

"Masyarakat punya penilaian, atensi, saya kira ini adalah contoh dari demokrasi yang memadai, yang penting jangan bertengkar," tandasnya.