Sejak 20 Agustus, Kubu Menantu Jokowi Sudah 14 Kali Langgar Prokes

Calon Walikota Medan, Bobby Nasution/Net
Calon Walikota Medan, Bobby Nasution/Net

Pelanggaran protokol kesehatan sejauh ini sudah terjadi puluhan kali di Pilkada Medan 2020, Sejak 20 Agustus lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Medan, Sumatera Utara bahkan mencatat ada sebanyak 23 kali pelanggaran protokol kesehatan.


Pelanggaran itu dilakukan oleh kedua pasangan calon yang berlaga, baik Akhyar Nasution-Salman Alfarisi maupun Bobby Nasution-Aulia Rachman. Hanya saja, pelanggaran lebih banyak dilakukan oleh kubu tim pemenangan menantu Joko Widodo, Bobby Nasution, yakni sebanyak 14 kali. Sementara dari kubu Akhyar-Salman (Aman) hanya 9 kali.

"Totalnya ada 23 kali pelanggaran protokol kesehatan yang masing-masing dilakukan kedua paslon," kata M. Taufiq seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (21/11).

Sejauh ini, pihak Bawaslu telah menjatuhkan sanksi mulai dari diperingatkan hingga diberi surat peringatan atau teguran tertulis.

Adapun pelanggaran yang sering terjadi adalah jumlah orang yang melebihi jumlah ruangan saat kampanye. Termasuk abai menjaga jarak dan tidak mengenakan masker.

"Alasan mereka masyarakat yang bandel. Mereka mengaku tidak mungkin melarang, itu bisa menghilangkan potensi suara katanya," ujarnya.