Selamat Datang Kepala Sekolah Baru " Agen Pembaharu "

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Hari ini dan esok merupakan hari-hari sibuk bagi para kepala sekolah yang mendapatkan tugas baru setelah SK rotasinya diterima oleh masing-masing kepala sekolah.

Hal ini tentunya menjadi kabar gembira karena penugasan di tempat yang baru mungkin akan memberi kesan yang lebih baik dalam memberikan pelayanan yang bermuara pada monumental prestasi dan prestise.

Sementara bagi calon kepala sekolah yang ditetapkan menjadi kepala sekolah baru merupakan sebuah kebahagiaan yang berbeda karena karir yang dilaluinya sebagai seorang guru nyaris sempurna.

Seorang kepala sekolah merupakan seorang manajer yang mengatur/memanagement sistem pelayanan pendidikan yang ada di sekolahnya.

Setiap sekolah dengan keadaan apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari sisi sistem yang sudah tertata termasuk personil PTK yang ada di sekolah tersebut.

Namun yakinkanlah bagi seorang kepala sekolah yang luar biasa setiap kelemahan akan menjadi batu loncatan untuk menghadirkan nilai-nilai tambah terbaik dengan sentuhan inovasi dan kreatifitas sehingga produk yang lahir ke permukaan adalah produk terbaik yang berorientasi terhadap prestasi sekolah.

Seorang kepala sekolah layaknya sebagai seorang koki, dirinya harus pandai menyiasati atas berbagai bahan baku yang akan diolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan baik dihidangkan.

Setiap kepala sekolah haruslah menjadi seorang pemanah yang akan dengan jeli  melepaskan busur panahnya menuju sasaran sebagaimana yang diharapkan.

Ada beberapa kriteria yang sejatinya harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah agar tindakan dan manajemen yang dilakukannya berorientasi dan bermuara pada kebaikan pelayanan tentunya dengan membumikan kebersamaan di dalam sistem yang besar dengan kinerja kolaborasi dan sinergitas.

Adapun regulasi tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah diatur didalam Permendikbudristek 40 tahun 2021.

Selain itu ada beberapa peran sebagai seorang kepala Sekolah diantaranya,

-Kepala sekolah sebagai Educator yaitu berperan merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih, serta meneliti (dengan penelitian tindakan sekolah).

-Kepala sekolah merupakan guru bagi para guru di sekolah yang dipimpinnya.

-Kepala sekolah sebagai Manager yaitu melakukan perencanaan, pengorganisasi, penggerakkan, dan pengawasan terhadap seluruh program sekolah.

-Kepala sekolah sebagai Administrator yaitu mampu mengelola ketatausahaan dan kebijakan melalui program sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah.

-Kepala sekolah sebagai Supervisor yaitu membantu guru mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru di lingkungan sekolah.

-Kepala sekolah sebagai Leader yaitu mampu menggerakkan semua warga sekolah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing guna mencapai tujuan sekolah.

-Kepala sekolah sebagai Enterpreneur yaitu bersifap kreatif, inovatif, kerja keras, memiliki etos kerja yang ulet, dan naluri kewirausahaan di bidang pendidikan.

-Kepala sekolah sebagai Climate creator yaitu mampu menciptakan suasana yang kondisif dan menyenangkan bagi warga sekolah.

Dari semua peran yang ada, seorang kepala sekolah diharuskan mampu menciptakan ruang-ruang kebersamaan dari warga sekolah terutama PTK.

Hal ini bisa dibangun diawali dengan bagaimana menata visi dan misi sekolah.

Selain itu keterbukaan dan meningkatkan komunikasi yang masif adalah faktor lain dari upaya menciptakan suasana yang kondusif.

Yakinlah tidak ada keberhasilan yang lahir hanya dari tangan seseorang namun merupakan bagian indah dari energi kebersamaan.

Penulis adalah Pegiat Pendidikan Kota Bandung