Semangat Warga Desa Cibuntu Lestarikan Adat Dan Kearifan Lokal

Ridwan kamil (kanan) di acara Sedekah Bumi/RMOLJabar
Ridwan kamil (kanan) di acara Sedekah Bumi/RMOLJabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut menghadiri perayaan Sedekah Bumi di Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Sabtu (17/10).


Dimata Kepala Desa Cibuntu, Awam, kedatangan gubernur pada perayaan sedekah bumi di daerahnya sangat bermakna. Hal itu jadi dokungan moril yang luar biasa bagi warganya untuk tetap merawat dan melestarikan adat tradisi dan kearifan lokal mereka.

“Setiap tahun kami bersama masyarakat menggelar acara ini, selain wujud syukur kepada Allah SWT sekaligus dalam upaya melestarikan nilai-nilai tradisi budaya lokal sebagai bagian dari desa wisata,” katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, mewakili Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Cibuntu yang tetap konsisten untuk melestarikan dan mengembangkan khazanah nilai-nilai tradisi leluhur melalui apresiasi gelar budaya sedekah bumi secara berkelanjutan.

Melalui semangat yang kuat dari masyarakatnya, menurut Edo sapaan akrabnya, acara Sedekah Bumi dapat dijadikan sebagai atraksi wisata budaya di daerah tujuan wisata Kabupaten Kuningan, khususnya di Desa Wisata Cibuntu.

"Perlu juga diketahui bahwa Desa Cibuntu merupakan desa yang sangat luar biasa dalam masalah pembinaan dan juga keterlibatanya dalam mengusung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Wisata. Dan berkat kerja keras kepala desa beserta seluruh elemen masyarakatnya, Desa Cibuntu telah sukses meraih banyak prestasi yang diraih, sehingga bisa membanggakan kita semua, khususnya bagi Kabupaten Kuningan," ungkapnya.

Dengan mengusung visi "Kuningan MAJU", dalam mewujudkan 25 desa wisata di Kabupaten Kuningan, diakui Edo merupakan tantangan yang berat. Oleh karena itu, pihaknya meminta adanya keterlibatan masyarakat secara langsung dalam mewujudkannya.

"Salah satu sektor yang terkena dampak Covid-19 adalah pariwisata, untuk itu, khazanah nilai tradisi upacara adat Sedekah Bumi ini memilki arti penting dalam upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan," tandasnya.