Sempat Jadi Polemik, KPU Bolehkan Suket Jadi Bukti Dukungan Calon Independen

KPU Kabupaten Bandung akhirnya membolehkan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP menjadi dokumen sebagai bukti dukungan untuk maju di Pilbup Bandung 2020 melalui jalur independen.


 

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, jika dibolehkannya Suket KTP sebagai salah satu dokumen di Pilbup Bandung tahun depan setelah jajarannya menggelar rapat internal pada Selasa (3/12).

"Selain dukungan dalam bukti kartu tanda penduduk elektronik (ektp) pendukungnya, para pendaftar yang berniat maju di calon independen bisa menunjukan dengan suket," kata Agus kepada wartawan, Rabu (4/12).

Namun, Agus menegaskan, bukti dukungan (dalam bentuk suket KTP) itu pun harus memenuhi beberapa syarat di antaranya si pemilik suket adalah pemilih yang memang berdomisili di wilayah Kabupaten Bandung.

"Suket (yang diserahkan saat pendaftaran Pilbup Bandung) tersebut pun harus yang diterbitkan oleh Pemda setempat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung," ucapnya.

Agus pun kembali mengingatkan agar masyarakat, tokoh, atau unsur lainnya yang hendak mendaftarkan diri di Pilbup dari jalur independen harus memastikan jumlah dukungan yang dimiliki telah sesuai syarat.

"(Calon independen/ perseorangan) paling sedikit didukung 153.443 jiwa. Jumlah dukungan tersebut paling sedikit tersebar di 16 kecamatan (dari total 31 kecamatan) di Kabupaten Bandung," pungkas Agus Baroya.