Setelah Diberlakukan Empat Lajur, Arus Lalin Di Jalan Inspeksi Kalimalang Lebih Lancar

Jalan Inspeksi Kalimalang/RMOLJabar
Jalan Inspeksi Kalimalang/RMOLJabar

Lalulintas di Jalan Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi, mulai lancar setelah Dishub dan Kepolisian mulai mengaktifkan empat lajur. Sebelumnya tiap jalur hanya ada satu lajur, sekarang tiap jalur baik itu arah ke Kota Bekasi maupun arah Karawang menjadi dua lajur.


Pengaktifan empat lajur dimulai dari pertigaan Cibuntu (STTD Setu) menuju Tegal Gede Cikarang Selatan hingga Tegal Danas Cikarang Pusat.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani, saat ini jalan lebih lebar karena jalaur baru yang telah rampung pembangunannya sudah diaktifkan.

"(Sekarang)Lalu lintas lebih lancar, yang jalurnya sempit menjadi lebar," kata Ojo.

Ojo menyebut 90 persen kendaraan telah menggunakan lajur baru tersebut. Hanya ada beberapa sepeda motor yang masih mengambil jalur vorboden karena malas memutar balik karena menjadi jauh.

"Hari pertama masih ada satu dua motor saja yang vorboden ambil jalur kanan tapi 90 persen ada anggota Polri dan Dishub yang mengarahkan," tutur dia.

Ojo mengaku optimis dalam satu pekan kedepan masyarakat atau pengendara sudah mengetahui atas diterapkannya empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang tersebut.

Rambu-rambu petunjuk dan arah jalan bakal lebih diperbanyak lagi. Sejumlah median jalan yang belum ada pembatas bakal dilakukan pemasangan agar kendaraan tidak masuk ke jalur berlawanan.

"Tadi juga hadir Bupati Bekasi, mendukung apa kita lakukan. Kami juga dorong agar ada perbaikan jalan, median jalan, papan petunjuk dan himbauan kepada masyarakat yang ada disekitar itu, untuk mematahi penerapan arus lalu lintas baru," tandasnya.