Shalat Jumat Di Karawang Tetap Dilaksanakan, Asalkan ...

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Karawang Acep Jamhuri memastikan kegiatan Sholat Jumat tetap akan dilaksanakan seperti biasa.


Hanya saja, semua jamaah diminta untuk menjaga kebersihan diri masing-masing sebelum masuk ke masjid.

Jamaah wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum berwudhu dan membawa sajadah masing-masing.

"Kami menyiapkan sabun untuk cuci tangan dab muka. Handsanitizer disiapkan juga, tetapi kemungkinan besar tidak akan digunakan jamaah kerena mengandung alkohol," katanya, Kamis (19/03).

Menurutnya, Masjid Agung Karawang tetap menggelar ibadah shalat jumat karena serbuan covid-19 di Karawang tidak begitu mengkhawatirkan. Sejauh ini baru ada beberapa orang dinyatakan ODP (orang dalam pengawasan) corona.

Acep Jamhuri yang juga Sekretaris Daerah Karawang meyakini ibadah shalat jumat bisa mendatangkan rahmat Allah SWT. Atas dasar itu, belum ada alasan yang tepat hingga ibadah sholat jumat ditiadakan.

Lebih lanjut kata dia, soal shaf (barisan) saat sholat jumat berlangsung akan direnggangkan (social distancing). Tujuannya, agar setiap jamaaah tidak bersentuhan satu sama lain.

Demikian juga, kebiasaan bersalaman sebelum dan sesudah shalat diimbau tidak dilakukan. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona jika memang ada jamaah yang sudah terinfeksj Covid-19.

"Kami telah menyebarkan surat imbauan agar jemaah yang sakit atau kurang vit, tidak usah datang ke masjid. Mereka bisa menjalankan ibadah di rumahnya masing-masing," pungkasnya.